Prabowo Panggil 48 Menteri ke Sidang Kabinet Perdana, Sorot Makan Bergizi Gratis

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Prabowo Subianto membacakan sumpah saat upacara pelantikan menteri dan kepala lembaga tinggi negara Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).
23/10/2024, 16.17 WIB

Presiden Prabowo Subianto memanggil 48 menteri 12 pejabat setingkat menteri ke Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (23/10). Kegiatan itu merujuk pada gelar sidang kabinet paripurna perdana Kabinet Merah-Putih.

Sidang kabinet paripurna itu juga dihadiri oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Dalam arahannya, Prabowo menguraikan sejumlah program prioritas yang mengacu kepada kepentingan nasional.

Prabowo menyampaikan pentingnya menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup masyarakat negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Dia juga menyoroti urgensi untuk mengelola kekayaan bangsa dengan arif dan berkeadilan. 

"Ini adalah momen bersejarah. Ini adalah sidang kabinet paripurna pertama yang saya pimpin, " kata Prabowo.

Prabowo mengawali sidang kabinet secara terbuka selama 30 menit pertama. Setelahnya, Prabowo meminta para wartawan untuk menepi dari ruangan sidang karena ingin menguraikan sejumlah kebijakan strategis kepada tiap-tiap kementerian dan lembaga.

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga menekankan pentingnya program makan bergizi gratis. Prabowo meminta Badan Gizi Nasional dan seluruh kementerian terkait untuk segera bergerak cepat menjalankan program tersebut. Program janji kampanye Prabowo ini rencananya bakal mulai berjalan pada 2 Januari dengan target sasaran 20 juta orang.

Dia menegaskan, program makanan bergizi kepada anak-anak dan ibu hamil adalah bagian penting dari upaya pembangunan bangsa. Dia menganggap ini sebagai langkah strategis yang esensial untuk kebangkitan Indonesia.

"Bagi saya makan bergizi untuk anak-anak dan ibu hamil ini adalah strategis. Yang tidak mendukung hal ini silakan keluar dari pemerintahan yang saya pimpin ini. Kita satu tim, harus yakin semua. Ini bagian dari rencana kebangkitan bangsa Indonesia," kata Prabowo.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, mengatakan agenda utama sidang kabinet perdana kali ini berlangsung secara satu arah, yakni mendengarkan arahan Presiden Prabowo.

"Agendanya arahan presiden saja. Sidang pertama mendengarkan arahan dari presiden supaya kabinet ini mengerti apa yang menjadi target dan cita-cita presiden," kata Hasan di Istana Merdeka Jakarta.

Dia mengatakan, pelaksanaan sidang kabinet perdana ini ditujukan agar para menteri dan kepala lembaga dapat langsung mengaplikasikan instruksi presiden di tingkat kementerian dan lembaga masing-masing. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu