PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berpartisipasi dalam Bazaar UMKM 2025 di Kota Medan. Ajang ini bagian dari inisiatif Badan Pengatur BUMN untuk memperluas akses pasar UMKM sekaligus mempromosikan ragam kuliner unggulan dari berbagai daerah.
Acara yang berlangsung pada 14–16 November 2025 di Lapangan Benteng, Kota Medan ini menjadi sejalan dengan agenda transformasi BUMN dalam perluasan inklusi ekonomi dan penguatan peran UMKM. Sektor kuliner pun dipilih karena memiliki daya serap tenaga kerja yang besar, pertumbuhan usaha yang cepat, dan potensi pengembangan yang luas.
Mengusung tema “Jelajahi Rasa, Rayakan Budaya, Dukung UMKM Indonesia”, kehadiran Jelajah Kuliner Indonesia di Medan diharapkan menjadi momentum penting untuk menonjolkan menonjolkan potensi UMKM, memperkuat ekosistem ekonomi lokal, serta menyediakan ruang bagi para pelaku usaha untuk tumbuh, membangun koneksi, dan berkompetisi secara sehat dan kreatif.
Corporate Secretary BRI Dhanny mengungkapkan bahwa penyelenggaraan ini menjadi bentuk dukungan nyata BRI dalam memperluas akses pemasaran UMKM sekaligus mendorong digitalisasi usaha melalui pemanfaatan platform PaDi UMKM.
“Kami berharap kegiatan ini menjadi sarana bagi para UMKM utamanya usaha kuliner untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kualitas produk, serta memperkenalkan kuliner terbaik Sumatera Utara ke kancah nasional,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (20/11).
Rangkaian Jelajah Kuliner Indonesia 2025 terdiri dari pra acara dan acara utama. Pra acara digelar pada 29 Agustus 2025 di Rumah BUMN Medan dengan mengusung edisi hortikultura bertema “Integrasi Supply Chain Management dan Digital Marketing melalui Budaya Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnis”.
Melalui kegiatan tersebut, peserta mendapatkan pembekalan terkait manajemen rantai pasok, strategi pemasaran digital untuk produk hortikultura, hingga praktik pembuatan dried fruits. Acara ini diikuti oleh 30 UMKM binaan Rumah BUMN.
Sementara itu, pada kegiatan kedua yakni acara utama Jelajah Kuliner Indonesia 2025, diketahui sebanyak 80 UMKM kategori ready-to-eat dan snack turut berpartisipasi langsung selama tiga hari penyelenggaraan.
Ajang itu juga diramaikan dengan berbagai agenda menarik seperti festival makanan, talkshow, stand-up comedy, workshop, cooking class, lomba kuliner, kids zone, hingga sesi poundfit. Suasana semakin meriah berkat beragam doorprize yang dibagikan kepada para pengunjung.
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM BP BUMN Loto Srinaita Ginting menyampaikan, Jelajah Kuliner Indonesia 2025 merupakan wadah untuk memperkenalkan kekayaan kuliner Nusantara sekaligus mendorong UMKM agar naik kelas dan bertransformasi secara digital.
“Melalui dukungan BP BUMN, Danantara Indonesia dan BUMN pendukung serta kolaborasi lintas sektor yang dilakukan, kami ingin memperluas pasar dan menciptakan UMKM yang produktif di daerah,” tutur Loto.
Kegiatan ini juga sebagai upaya dalam mendukung Program Asta Cita Presiden Republik Indonesia sebagai bagian dari komitmen untuk mewujudkan visi Bersama Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045.