Bukalapak menggandeng aktor Korea Selatan Song Joong Ki sebagai duta merek (brand ambassador) sejak April. Pendapatan dan laba e-commerce ini tercatat meningkat selama April – September.
Senior Vice President Marketing Bukalapak Kurnia Rosyada menjelaskan, perusahaan memilih pemeran utama drama Korea Selatan Reborn Rich itu karena dinilai sesuai profil duta merek yang dicari oleh perusahaan.
“Song Joong Ki memiliki banyak fan di dunia,” kata Kurnia usai acara Red Carpet Presented by Bukalapak yang menghadirkan Song Joong-Ki di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu sore (27/11).
Ia berharap, peran Song Joong Ki sebagai duta merek dapat membantu Bukalapak untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Hal senada disampaikan oleh Presiden Bukalapak Teddy Oetomo. “Kami ingin Song Joong Ki ikut memperkenalkan fitur dan penawaran Bukalapak,” ujar dia saat pembukaan acara.
Berdasarkan data Similarweb, jumlah unduhan rata-rata Bukalapak selama Agustus – Oktober 765,9 ribu. E-commerce ini pun menempati urutan ke-13 di Indonesia untuk kategori aplikasi belanja.
Sedangkan rincian jumlah pengguna aktif harian di aplikasi Bukalapak di Android selama Mei – Oktober, sebagai berikut:
Jumlah pengguna aktif harian (dalam juta) | |
Mei | 25,35 |
Juni | 26,68 |
Juli | 26,68 |
Agustus | 25,64 |
September | 25,79 |
Oktober | 24,54 |
Sedangkan kinerja Bukalapak selama kuartal II dan kuartal III sebagai berikut:
Kuartal II (April - Juni) | Kuartal III (Juli – September) | |||
Nilai | Kenaikan | Nilai | Kenaikan | |
Pendapatan | Rp 903 miliar | 105% | Rp 898 miliar | 86% |
Total Processing Value (TVP) | Rp 36,5 triliun | 24% | Rp 41,3 triliun | 32% |
Laba bersih | - | - | Rp 3,63 triliun | 391% |