Tokopedia Ungkap Tren Belanja Ramadan: Produk Fesyen Paling Laris

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Peragawati memeragakan busana dari ZM Zaskia Mecca dalam acara Ramadhan in Style di Jakarta, Jumat (31/3/2023).
Penulis: Lenny Septiani
Editor: Lavinda
10/4/2023, 20.30 WIB

Perusahaan perdagangan elektronik atau e-commerce Tanah Air, Tokopedia menganalisis tren belanja masyarakat saat Bulan Ramadan dan menjelang Lebaran 2023. Menurut hasil analisis diketahui bahwa, produk fesyen keluarga menjadi produk yang paling diminati masyarakat. 

Berdasarkan data internal Tokopedia, produk fesyen, otomotif, rumah tangga, perawatan diri, hingga makanan dan ninuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua pekan pertama puasa, dibandingkan data dua pekan pada momentum sebelum puasa.

"Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam Media Gathering di Jakarta, Senin (10/4).

Tokopedia mencatat, produk fesyen salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia pada Ramadan 2023. Bahkan, dia mengklaim penjualan busana muslim keluarga naik tujuh kali lipat.

Berikut ini tren belanja online di Tokopedia selama ramadhan 2023 dibandingkan dwi-pekan biasa sepanjang kuartal I 2023:
1. Fesyen: scarf wanita, baju koko pira, busana muslim keluarga
2. Otomotif: spare part mobil, produk perawatan mobil, produk interior mobil
3. Rumah tangga: Perlengkapan Ruang Tamu dan Keluarga, penyimpanan Makanan, Peralatan Baking
4. Perawatan diri: Parfum dan Cologne, Produk Kesehatan Gigi dan mulut, Perlengkapan Mandi
5. Makanan dan Minuman: Hampers atau Parsel, Buah, Tepung.

“Pada kategori produk Fashion di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua pekan pertama Ramadan," kata Nuraini. Menurutnya, Kegiatan khas Ramadan seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan.

Adapun, Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat. Buah kurma bahkan peningkatan penjualannya tercatat lebih dari 3 kali lipat.

Berdasarkan data dua pekan pertama Ramadan 2023 dibandingkan dua pekan pertama Ramadan tahun 2022, Tokopedia mencatat bahwa penjual yang memakai Dilayani Tokopedia Transaksi mengalami rata-rata makanan lewat peningkatan penjualan hampir dua kali lipat. Sementara itu, transaksi parsel makanan lewat Dilayani Tokopedia naik hampir 3,5x lipat.

Sementara itu, jumlah pembeli dan transaksi di Tokopedia NYAM! meningkat hampir dua kali dibanding dua pekan biasa sepanjang kuartal I 2023.

Tokopedia mencatat beberapa wilayah mengalami peningkatan transaksi antarpulau tertinggi saat Ramadan 2023. Dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari dua kali lipat dibandingkan dua pekan pertama Ramadan 2022, yakni:
- Banyuasin (Sumatra Selatan)
- Kampar (Kepulauan Riau)
- Lombok Timur (NTB)

Wilayah dengan Kumpulan Toko Pilihan yang mengalami kenaikan transaksi tertinggi di Tokopedia selama Ramadan 2023
- Bandung (Jawa Barat)
- Surabaya (Jawa Timur)
- Denpasar (Bali)

Sementara itu, wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan penginiman same-day dan instan tertinggi selama Ramadan 2023
- Palangkaraya, Kalimantan Tengah
- Kuningan, Jawa Barar
- Tabanan, Bali

Reporter: Lenny Septiani