Mitra Tokopedia menyetop fitur pembelian produk grosir seperti sembako di segmen warung digital. Mitra Tokopedia merupakan layanan warung fisik berbasis digital.
Segmen khusus Tokopedia itu akan berfokus pada produk digital seperti pulsa, paket data, game voucher, token listrik. Transaksinya jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir sembako dan produk fisik lainnya.
Oleh karena itu, Tokopedia berfokus pada produk digital dan menghilangkan produk grosir seperti sembako.
“Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian Produk Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia, dan fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis Produk Digital dengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih,” ujar Head of Mitra Tokopedia Carlo Yudhistira Praditya dalam keterangan pers, akhir pekan lalu (13/7).
21 jenis Produk Digital tersebut dibagi atas tiga kategori, antara lain:
- Pembelian, yang mencakup lima produk seperti Pulsa dan Voucher Game
- Dompet Digital, yang mencakup tiga produk seperti Saldo Dompet Gojek dan Top Up GoPay
- Pembayaran, yang mencakup 13 produk seperti Tagihan Tokopedia dan PDAM.
“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” kata Carlo.
Sedangkan kinerja Mitra Tokopedia yakni:
- Transaksi atau pembayaran biaya pendidikan, internet dan TV Kabel, serta E-Samsat naik rata-rata empat kali lipat
- Pembayaran biaya pendidikan, internet dan TV Kabel, serta E-Samsat naik hampir 1,5x lipat pada kuartal I 2023
- Mitra Tokopedia di Sabu Raijua (NTT), Kaimana (Papua Barat) dan Mappi (Papua Selatan) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah penjual produk digital paling tinggi pada kuartal I 2023, yakni rata-rata naik hampir tiga kali lipat
- Minahasa (Sulawesi Utara), Raja Ampat (Papua Barat) dan Manokwari Selatan (Papua Barat) menjadi wilayah dengan peningkatan transaksi produk digital paling tinggi di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023, yakni rata-rata naik lebih dari 5,5x lipat
- Layanan Mitra Tokopedia menjangkau lebih dari 700 kota dan kabupaten di Indonesia
Pemilik warung ‘Barokah Cell’ di Sidoarjo Aditya Hermawan Sanjaya menjual produk voucer telepon fisik pada awalnya. Kemudian mula berjualan berbagai produk digital, mulai dari pulsa, paket data, tagihan seperti PLN hingga BPJS, dan produk digital lainnya.
“Saat pandemi corona, keuangan dan transaksi warung saya menurun drastis. Saya harus mencari cara supaya bisa terus berjualan. Akhirnya tahun lalu, saya bergabung dengan Mitra Tokopedia,” kata Aidtya.
“Kini omzet warung saya bisa mencapai belasan juta rupiah per hari berkat Mitra Tokopedia,” tambah dia.