Pengguna Shopee dengan metode bayar di tempat atau cash on delivery (COD) kini bisa langsung mengembalikan barang jika tidak sesuai deskripsi atau foto produk. Kebijakan ini berlaku mulai hari ini (16/5).
Namun kebijakan itu hanya berlaku untuk jasa pengiriman Shopee Xpress. “Shopee Xpress mendukung pengembalian barang di tempat untuk metode pembayaran COD,” demikian dikutip dari notifikasi Shopee, Senin (15/5).
Cara mengembalikan barang dengan metode pembayaran COD sebagai berikut:
- Kurir menjelaskan instruksi pembukaan paket COD
- Pembeli membuka paket sesuai instruksi di depan kurir
- Kurir merekam proses pembukaan paket COD
- Pembeli mengecek isi paket COD. Apabila sesuai deskripsi atau foto produk, pembeli melanjutkan proses pembayaran COD
- Apabila paket COD tidak sesuai dengan deskripsi atau foto produk, maka pembeli dapat mengembalikan paket kepada kurir. Paket dibungkus ulang oleh kurir dan dikirimkan kembali ke penjual
Namun ada beberapa ketentuan, yakni:
- Pembeli yang menolak paket dua kali dalam 60 hari terakhir akan otomatis terblokir dari opsi COD selama 60 hari setelah penolakan kedua
- Pembeli diblokir dari opsi COD selama 60 hari apabila:
- Merusak bungkus dalam, bungkus barang, atau isi paket satu kali dalam 60 hari terakhir
- Tidak mengikuti instruksi pengembalian barang COD satu kali dalam 60 hari terakhir
Shopee resmi menerapkan kebijakan yang memungkinkan pembeli membuka barang terlebih dulu sebelum membayar COD per 31 Januari.
Kini Shopee memungkinkan pembeli mengembalikan barang sebelum membayar COD. Program ini sebenarnya sudah diterapkan sebelumnya, tetapi untuk cakupan yang lebih kecil.
Shopee memastikan kebijakan tersebut tak berdampak terhadap kinerja mitra penjual. “Tidak memengaruhi tingkat barang yang dikembalikan,” kata Shopee.