Cara Berjualan Online dan Pasang Iklan di WhatsApp

Katadata
WhatsApp
Penulis: Lenny Septiani
10/7/2023, 16.07 WIB

Meta meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna WhatsApp Business termasuk UMKM membuat iklan Facebook dan Instagram yang mengarahkan pembeli ke aplikasi perpesanan. Pelaku usaha pun bisa menjajakan produk.

Itu bisa dilakukan meski pengguna WhatsApp Business tak memiliki akun Facebook. Pengguna hanya membutuhkan alamat email dan bentuk pembayaran. 

"Tak lama lagi, 200 juta lebih pengguna aplikasi WhatsApp Business akan dapat membuat iklan Facebook dan Instagram untuk menemukan dan terhubung dengan pelanggan baru," kata CEO Meta Mark Zuckerberg melalui grup siaran di Instagram, Selasa (27/6).

Jika calon konsumen mengeklik iklan, maka otomatis muncul di aplikasi WhatsApp. Mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian. 

WhatsApp menjelaskan, iklan menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan kepada mereka lewat aplikasi perpesanan.

Cara itu dinilai akan membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang hanya menggunakan WhatsApp dan membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk mulai beriklan. 

Ketika bisnis kecil menemukan pelanggan baru, mereka harus memiliki alat yang dapat membantunya terhubung dengan pelanggan secara cepat dan mudah dalam skala besar.

Cara berjualan online di WhatsApp menggunakan fitur baru tersebut sebagai berikut:

  • Mendaftar akun WhatsApp Business. Caranya yakni:
  1. Unduh dan buka aplikasi WhatsApp Business di Google Play Store dan Apple App Store.
  2. Baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business, lalu klik ‘Setuju’ dan ‘Lanjutkan untuk menerima ketentuan’
  3. Pilih negara untuk menambahkan kode negara, lalu masukkan nomor telepon dalam format nomor telepon internasional
  4. Klik ‘Selesai’ atau ‘Lanjut’
  5. Klik ‘Oke’ untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon
  6. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit yang Anda terima
  7. Izinkan akses ke kontak dan foto
  8. Masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil
  9. Buat profil bisnis dengan cara: Ketuk fitur JELAJAHI > Profil bisnis Pengguna dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.
  • Klik fitur ‘Buat Iklan’
  • Desain Iklan dengan menambahkan deskripsi
  • Pilih iklan di Facebook atau Instagram
  • Tambahkan informasi pembayaran, termasuk lokasi pembayaran dan metode
  • Tinjau ulang iklan
  • Klik ‘Buat Iklan’
Fitur baru WhatsApp (WhatsApp)

Fitur lain yang bisa digunakan di WhatsApp Business di antaranya:

  1. Katalog: Fitur ini dapat menampilkan informasi produk dan layanan melalui akun bisnis.
  2. Tautan pendek: Fitur ini mempermudah pelanggan baru untuk terhubung dengan akun bisnis. Dengan membagikan tautan pendek yang dibuat secara otomatis, memungkinkan pelanggan untuk mengirim pesan ke bisnis Anda.
  3. Fitur perpesanan: Pengguna dapat membuat pesan template WhatsApp untuk membuat percakapan penting dari awal. Buat salam yang dikirim secara otomatis untuk berinteraksi dengan pelanggan baru.
  4. Label: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengurutkan percakapan dengan pelanggan menjadi beberapa kategori, seperti “Pelanggan baru” atau “Pesanan dalam proses.”
Reporter: Lenny Septiani