Tokopedia bekerja sama dengan perusahaan iklan berbasis teknologi, The Trade Desk. Kolaborasi ini memungkinkan pengiklan menyasar dan menjangkau konsumen paling potensial di open internet sesuai dengan aktivitasnya di Tokopedia.
“Kerja sama inovatif ini dapat membantu para marketer menjangkau konsumen yang lebih potensial,” kata Senior Vice President of Ads Solution Tokopedia Alfredo Setiabudi dalam keterangan pers, Senin (14/8).
Konsumen yang disasar yakni:
- Memiliki ketertarikan akan produk atau toko
- Menambahkan produk ke keranjang belanja
- Pernah bertransaksi di Tokopedia
“Jadi, iklan akan sangat targeted dan potensi terkonversi menjadi penjualan,” Alfredo menambahkan.
Tokopedia akan menyediakan data aktivitas belanja pengguna di platform belanja iklan programatik. Namun Alfredo mengatakan, hal ini tetap mengedepankan prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi berdasarkan peraturan yang berlaku.
Data yang diambil tidak mengandung informasi pribadi yang dapat diidentifikasi seperti nama, alamat, dan nomor telepon pengguna.
General Manager The Trade Desk di Indonesia Purnomo Kristanto mengatakan, kerja sama dengan Tokopedia menjangkau lebih banyak audiens di berbagai saluran open internet.
Saluran open internet yang dimaksud seperti e-commerce, over-the-top atau OTT, connected TV alias CTV, serta streaming audio dan digital out of home atau DOOH.
“Konsumen berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain, dan mengonsumsi konten di berbagai saluran setiap hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjangkau konsumen melalui iklan yang relevan pada waktu yang tepat, di mana pun mereka berada,” ujar Purnomo.
Penjual di Tokopedia dan klien periklanan The Trade Desk akan dapat memanfaatkan data ritel Tokopedia untuk menayangkan iklan yang lebih relevan kepada audiens, ketika mereka menonton di platform streaming film, mendengarkan streaming musik, dan lainnya.
Pendekatan baru itu diklaim menandakan perkembangan signifikan dibandingkan dengan solusi media ritel on-site dengan kampanye iklan hanya ditayangkan pada inventori yang dimiliki oleh platform e-commerce.
Dengan integrasi tersebut, pengiklan di platform The Trade Desk akan dapat mengukur bagaimana kampanye iklan mereka di saluran open internet menghasilkan konversi penjualan di Tokopedia.
Insight pengukuran itu membantu merek atau brand untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan kampanye iklan secara real time. Pengiklan dapat memanfaatkan insight ini untuk mengalihkan anggaran iklan ke saluran yang dapat menjangkau audiens dan membentuk strategi media yang dapat mendorong hasil bisnis.