Jualan via Shopee Live, Eiger Pecahkan Rekor Omzet 16 Kali Lipat

Facebook Eiger
Penulis: Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
23/8/2023, 12.00 WIB

Eiger baru-baru ini memecahkan rekor dengan mendapatkan omzet 16 kali lipat dari biasanya saat menggelar live streaming interaktif via Shopee Live. Jenama busana dan perlengkapan kegiatan luar ruang asal Bandung, Jawa Barat, itu meraup untung besar pada puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival.

Sejak bergabung dengan Shopee pada 2017, Eiger selalu memanfaatkan berbagai fitur Shopee, termasuk Shopee Live. Menyajikan fitur yang memungkinkan pembeli dan penjual berinteraksi secara real-time, Shopee Live membantu meningkatkan pendapatan Eiger secara signifikan tahun ini.

Tangkapan layar sesi live streaming Eiger via Shopee Live pada puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival. (Dok. Istimewa)

Keunggulan Shopee Live dibanding platform live shopping lain diakui oleh Digital Business Manager Eiger, Oscar Siregar. Dengan menggunakan fitur tersebut, Eiger bisa membangun kedekatan dengan konsumen dan meningkatkan penjualan. "Hasilnya sangat memuaskan," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (23/8).

Oscar mengungkapkan, omzet yang diraih Eiger pada kampanye 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival merupakan pencapaian baru selama Eiger bergabung dengan Shopee. "Bahkan, sangat signifikan dibandingkan dengan di platform lain," imbuhnya.

Digital Business Manager Eiger Oscar Siregar (Facebook Oscar Siregar)

Fitur live shopping yang memungkinkan terjadinya komunikasi efektif antara penjual dan pembeli membuat pengalaman berbelanja masyarakat makin menyenangkan. Pada fitur Shopee Live, penjual bisa menjawab secara langsung kebutuhan informasi pembeli ketika sedang memilih barang.

Hal ini didukung hasil survei Populix pada Mei 2023. Survei tersebut menunjukkan Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia (69 persen). Platform live shopping lainnya menyusul pada posisi bawah, yakni TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan LazLive (2 persen).

Riset tersebut juga mengungkap bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live sebagai top of mind brand, alias merek yang pertama kali muncul pada benak ketika berbicara soal live streaming shopping di Indonesia. Capaian tersebut jauh melampaui pesaingnya, seperti TikTok Live (30 persen), LazLive (4 persen), dan Tokopedia Play (2 persen).

Shopee Live menjadi fitur belanja secara live yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fesyen dan kecantikan. Pada kategori fesyen, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden, unggul jauh di atas pesaing terdekatnya seperti TikTok Live (44 persen).

Pada kategori kecantikan, Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling kerap dimanfaatkan responden (71 persen). Menyusul pada peringkat selanjutnya, TikTok Live dengan 51 persen.

Salah satu faktor yang membuat pembeli berbelanja melalui fitur live shopping adalah adanya penawaran yang menarik, seperti gratis ongkos kirim dan diskon. Riset Populix menunjukkan, Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkos kirim terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon dan cashback paling besar.

Penawaran ini sering diberikan, di antaranya melalui promo Shopee Live Semua Diskon 50%.

Kesuksesan penjual meraih omzet tak hanya bergantung pada kualitas platform yang digunakan, namun juga kualitas produk yang dijual. Produk-produk Eiger seperti tas, sepatu, sandal, baju, jaket, serta perlengkapan dan aksesori kegiatan alam telah banyak digemari konsumen muda pencinta alam.

Kepopuleran Eiger juga terbukti lewat lebih dari 350 gerainya yang tersebar di berbagai kota di Tanah Air. Tak hanya itu, Eiger pun telah melebarkan sayapnya ke Swiss, negara yang menjadi lokasi Gunung Eiger yang menjadi inspirasi brand ini. Lokasi toko Eiger di Swiss terletak tepat di kaki Gunung Eiger di Kota Interlaken.