Lazada membawa sepuluh penjual (seller) Lazada Indonesia ke markas e-commerce raksasa yang menjadi induknya, yakni Alibaba di Cina, untuk belajar. Kesepuluh penjual tersebut merupakan top sellers yang tergabung dalam Lazada Club.
“Kemarin kami baru saja memberangkatkan sepuluh orang untuk belajar ke Alibaba yang ada di Cina,” kata Head of Seller Engagement Lazada Indonesia Sandra Puspita Dewi dalam Media Briefing - Lazada Seller Conference 2023, di Jakarta, Jumat (27/10). “Seperti kata pepatah, belajarlah sampai ke negeri Cina.” Namun, Sandra tidak merinci apa saja yang akan dipelajari para penjual Lazada di Alibaba.
Lazada Club merupakan salah satu program edukasi Lazada yang dapat digunakan oleh penjual sebagai tempat diskusi dengan sesama penjual yang terbagi ke dalam beberapa kota sesuai kota penjual masing-masing. Saat ini, Lazada Club tersedia di 34 kota di Indonesia, dipimpin oleh Lazada City Leader yang merupakan penjual sukses dan menjadi mentor bagi sesama penjual di platform Lazada.
Berdasarkan laman resminya, berikut keuntungan untuk penjual yang bergabung dalam Lazada Club:
- Menjadi yang pertama mengetahui berita terbaru dari Lazada
- Mendapatkan kesempatan mencoba fitur-fitur terbaru Lazada
- Bisa bergabung ke aplikasi chat resmi Lazada, DingTalk, untuk berkomunikasi dengan seller dan tim Lazada
- Belajar dan berdiskusi mengenai tips serta kendala dalam berjualan
- Akses gratis ke acara Lazada Club baik offline maupun online
Selain Lazada Club, program edukasi perusahaan yakni Lazada University. Melalui program ini, Lazada menghadirkan inisiatif pelatihan bagi penjual yang ingin meningkatkan omzetnya dengan memaksimalkan fitur yang tersedia di platform Lazada. Lazada University menawarkan ratusan materi pelatihan yang dapat diakses oleh semua penjual sebagai bentuk dukungan dalam pemberdayaan penjual online.