Tiga Jenis Produk Terlaris di Shopee Live dan TikTok Live

Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi TikTok dan Shopee
Penulis: Lenny Septiani
19/12/2023, 16.19 WIB

Ada tiga jenis produk terlaris di fitur live streaming seperti Shopee Live dan TikTok Live, menurut data Sirclo.

Ketiga produk yang dimaksud yakni:

  1. Kecantikan dan perawatan diri
  2. Ibu dan bayi
  3. Home living

Sementara itu, kategori produk terlaris secara tahunan atau year on year (yoy) di e-commerce seperti Shopee dan TikTok, yakni:

  1. Kecantikan dan perawatan diri
  2. Traveling & hobbies
  3. Fashion

Lalu produk yang laris selama kampanye diskon 12.12, yakni:

  1. Home living
  2. Kecantikan dan perawatan diri
  3. Makanan dan minuman (F&B)

CEO Enterprise Solutions Sirclo Danang Cahyono mencatat, jumlah pengguna baru e-commerce di luar Pulau Jawa tumbuh 64,4% yoy. Hal ini menunjukkan pasar baru potensial bagi penjual, termasuk brand.

Dari sisi nilai transaksi konsumen di e-commerce berdasarkan kategori, sebagai berikut:

  • Di bawah Rp 150 ribu : makanan dan minuman, serta kesehatan
  • Rp 150 ribu - Rp 300 ribu : kecantikan dan perawatan diri, ibu dan anak, dan perawatan rumah
  • Rp 300 ribu - Rp 750 ribu : fashion, travelling & hobbies, dan home living
  • Di atas Rp 750 ribu : elektronik

Transaksi tertinggi berdasarkan gender sebagai berikut:

Pria:

  1. Paling banyak membeli pada pukul 10 pagi -12 siang
  2. Kategori produk:
  3. F&B
  4. Home living
  5. Elektronik
  6. Perawatan rumah
  7. Hobi
  8. Olahraga
  9. Otomotif

Perempuan:

  • Paling banyak membeli pada pukul 8 malam - 12 pagi
  • Kategori produk:
  1. Ibu & bayi
  2. Kecantikan dan perawatan diri 
  3. Perawatan kesehatan
  4. Fashion




Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

Reporter: Lenny Septiani