Tiga Jenis Produk Terlaris di Shopee Live dan TikTok Live

Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi TikTok dan Shopee
Penulis: Lenny Septiani
19/12/2023, 16.19 WIB

Ada tiga jenis produk terlaris di fitur live streaming seperti Shopee Live dan TikTok Live, menurut data Sirclo.

Ketiga produk yang dimaksud yakni:

  1. Kecantikan dan perawatan diri
  2. Ibu dan bayi
  3. Home living

Sementara itu, kategori produk terlaris secara tahunan atau year on year (yoy) di e-commerce seperti Shopee dan TikTok, yakni:

  1. Kecantikan dan perawatan diri
  2. Traveling & hobbies
  3. Fashion

Lalu produk yang laris selama kampanye diskon 12.12, yakni:

  1. Home living
  2. Kecantikan dan perawatan diri
  3. Makanan dan minuman (F&B)

CEO Enterprise Solutions Sirclo Danang Cahyono mencatat, jumlah pengguna baru e-commerce di luar Pulau Jawa tumbuh 64,4% yoy. Hal ini menunjukkan pasar baru potensial bagi penjual, termasuk brand.

Dari sisi nilai transaksi konsumen di e-commerce berdasarkan kategori, sebagai berikut:

  • Di bawah Rp 150 ribu : makanan dan minuman, serta kesehatan
  • Rp 150 ribu - Rp 300 ribu : kecantikan dan perawatan diri, ibu dan anak, dan perawatan rumah
  • Rp 300 ribu - Rp 750 ribu : fashion, travelling & hobbies, dan home living
  • Di atas Rp 750 ribu : elektronik

Transaksi tertinggi berdasarkan gender sebagai berikut:

Pria:

  1. Paling banyak membeli pada pukul 10 pagi -12 siang
  2. Kategori produk:
  3. F&B
  4. Home living
  5. Elektronik
  6. Perawatan rumah
  7. Hobi
  8. Olahraga
  9. Otomotif

Perempuan:

  • Paling banyak membeli pada pukul 8 malam - 12 pagi
  • Kategori produk:
  1. Ibu & bayi
  2. Kecantikan dan perawatan diri 
  3. Perawatan kesehatan
  4. Fashion




Reporter: Lenny Septiani