Ada tiga jenis produk terlaris di fitur live streaming seperti Shopee Live dan TikTok Live, menurut data Sirclo.
Ketiga produk yang dimaksud yakni:
- Kecantikan dan perawatan diri
- Ibu dan bayi
- Home living
Sementara itu, kategori produk terlaris secara tahunan atau year on year (yoy) di e-commerce seperti Shopee dan TikTok, yakni:
- Kecantikan dan perawatan diri
- Traveling & hobbies
- Fashion
Lalu produk yang laris selama kampanye diskon 12.12, yakni:
- Home living
- Kecantikan dan perawatan diri
- Makanan dan minuman (F&B)
CEO Enterprise Solutions Sirclo Danang Cahyono mencatat, jumlah pengguna baru e-commerce di luar Pulau Jawa tumbuh 64,4% yoy. Hal ini menunjukkan pasar baru potensial bagi penjual, termasuk brand.
Dari sisi nilai transaksi konsumen di e-commerce berdasarkan kategori, sebagai berikut:
- Di bawah Rp 150 ribu : makanan dan minuman, serta kesehatan
- Rp 150 ribu - Rp 300 ribu : kecantikan dan perawatan diri, ibu dan anak, dan perawatan rumah
- Rp 300 ribu - Rp 750 ribu : fashion, travelling & hobbies, dan home living
- Di atas Rp 750 ribu : elektronik
Transaksi tertinggi berdasarkan gender sebagai berikut:
Pria:
- Paling banyak membeli pada pukul 10 pagi -12 siang
- Kategori produk:
- F&B
- Home living
- Elektronik
- Perawatan rumah
- Hobi
- Olahraga
- Otomotif
Perempuan:
- Paling banyak membeli pada pukul 8 malam - 12 pagi
- Kategori produk:
- Ibu & bayi
- Kecantikan dan perawatan diri
- Perawatan kesehatan
- Fashion
Reporter: Lenny Septiani