Riset: TikTok Shop Populer di Gen Z dan Ibu Muda

Katadata
TikTok
Penulis: Lenny Septiani
19/12/2023, 16.43 WIB

TikTok Shop lebih populer di kalangan Gen Z dan ibu muda di Indonesia ketimbang e-commerce lain, menurut data Sirclo.

Kategori produk yang paling laris dijual di TikTok Shop, yakni:

  • Home living
  • Kecantikan dan perawatan diri
  • Ibu dan bayi
  • Perawatan rumah

Produk kecantikan dan perawatan diri serta ibu dan anak paling laris di fitur live streaming TikTok Live.

“Segala sesuatu yang meningkatkan konversi dari live streaming, impulsif dan lain sebagainya, sangat bekerja di TikTok,” kata CEO Enterprise Solutions Sirclo Danang Cahyono dalam acara webinar Navigating E-Commerce in 2024 Through Consumer and Market Insights, Selasa (19/12).

Tokopedia menempati posisi tiga besar di semua kategori produk, namun memimpin untuk jenis barang yang menyasar konsumen laki-laki.

Shopee juga berada di posisi tiga besar di semua kategori jenis produk. Transaksinya didominasi oleh konsumen perempuan.

Nilai lebih dari Shopee yakni menawarkan kesempatan unik bagi merek atau brand untuk meningkatkan visibilitas melalui hasil pencarian berbasis popularitas.

Lazada juga berada di posisi tiga teratas untuk produk kecantikan dan kebutuhan rumah tangga. Produk yang paling laris di Lazada, seperti:

  • Kecantikan mewah atau luxury beauty
  • Home living
  • Perawatan rumah
  • Elektronik

“Di platform ini, LazMalls seringkali ditampilkan secara mencolok dalam hasil pencarian,” ujar Danang.

Sementara itu, Blibli menjadi pilihan bagi konsumen yang mencari online to offline (020), business to business atau B2B Bizmodel. Kategori produk yang seperti:

  • Makanan dan minuman
  • Perlengkapan rumah tangga
  • Perawatan kesehatan

Platform e-commerce yang berfokus pada fashion, Zalora juga menjadi platform tiga besar bagi konsumen busana.

Reporter: Lenny Septiani