Biaya Admin E-commerce Mahal Jadi Tantangan UMKM Jualan Online

Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pedagang menawarkan barang dagangannya melaui aplikasi TikTok Shop di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (4/10).
Penulis: Lenny Septiani
30/1/2024, 07.35 WIB

Biaya admin e-commerce yang dinilai mahal, menjadi salah satu tantangan UMKM dalam berjualan online. Shopee dan Lazada misalnya, menaikkan biaya admin penjual tahun ini.

UMKM setuju bahwa platform digital dapat meningkatkan penjualan. Namuan, 78,34% UMKM mengeluhkan biaya admin berjualan di e-commerce yang terlalu tinggi.

Hal itu tertuang dalam laporan INDEF berjudul ‘Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia’. Pengambilan data menggunakan survei online terhadap 254 pelaku UMKM di Pulau Jawa serta beberapa wilayah di luar Pulau Jawa pada Desember 2023. 

“Di balik dampak positif penggunaan platform digital, para pelaku UMKM menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan platform untuk mengembangkan bisnis,” demikian dikutip dari studi tersebut, Senin (29/1).

Berikut ini rincian tantangan UMKM dalam berjualan online:

  • Kurangnya keterampilan tenaga kerja dalam penggunaan platform digital (83,46%)
  • Sulit merekrut tenaga kerja yang terampil dalam penggunaan platform digital (82,68%)
  • Tingginya biaya penggunaan platform digital bagi UMKM (78,34%)
  • Ketatnya persaingan antar-UMKM yang berjualan online (96,46%)
  • Tingkat partisipasi konsumen yang masih rendah di platform digital (79,52%)
  • Kualitas infrastruktur seperti kecepatan internet, pemerataan teknologi, dan ketersediaan gadget (80,71%)
  • Kritik dan saran konsumen yang dapat memengaruhi reputasi bisnis (96,07%)

Meski begitu, omzet UMKM yang berjualan online meningkat. Rinciannya sebagai berikut:

  • Meningkatkan penjualan (100%)
  • Meningkatkan jumlah pelanggan (98,82%)
  • Mempermudah proses pemasaran (98,82%) 
  • Menurunkan biaya pemasaran (93,7%)
  • Meningkatkan kecepatan transaksi (98,43%)
  • Menambah tenaga kerja (88,58%)
  • Memperkuat hubungan dan loyalitas pelanggan (99,21%)

Startup SleekFlow juga sebelumnya menyampaikan, setidaknya tiga tantangan penjual online pada 2024, di antaranya:

  • Biaya promosi yang berpotensi naik
  • Kenaikkan biaya admin penjual di e-commerce. Shopee dan Lazada sudah menaikkan biaya admin per bulan ini.
  • Diskon e-commerce yang berkurang

Shopee menaikkan biaya admin para penjual atau seller  kategori Non-Star dan Star atau Star+.mulai Desember 2023. Untuk kategori mal, naik per Januari 2024.

Lazada juga menaikkan biaya admin penjual per pertengahan Desember 2023. Sementara itu, TikTok x Tokopedia belum mengumumkan kenaikan biaya admin pedagang online.




Reporter: Lenny Septiani