Shopee mengungkapkan daftar produk lokal yang laris dijual ke luar negeri selama 2024. Jumlah produk UMKM yang diekspor meningkat hampir 50% dibandingkan tahun lalu.
E-commerce bernuansa oranye itu tidak memerinci jumlah produk lokal yang diekspor ke luar negeri. Berdasarkan keterangan pers Shopee per Desember tahun lalu, perusahaan mengekspor lebih dari 26 juta produk lokal ke Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin sejak Maret 2021.
Namun Shopee memerinci daftar produk yang laris diekspor ke luar negeri selama 2024, di antaranya:
- Fesyen muslim
- Fesyen perempuan
- Fesyen bayi dan anak
Shopee tidak memerinci negara mana saja yang berminat terhadap ketiga produk lokal tersebut. Namun perusahaan selama ini mengekspor produk UMKM ke Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Brasil, Amerika Latin, dan Asia Timur.
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto juga memerinci penjualan produk UMKM di dalam negeri, sebagai berikut:
- Peningkatan penjualan Shopee Pilih Lokal 200% dibandingkan tahun lalu atau year on year (yoy). Daerah dengan kenaikan tertinggi yakni:
- Aceh Besar
- Sinjai
- Pohuwato
- Pakpak Barat
- Pekalongan
- Lebih dari lebih dari 1 miliar produk UMKM yang terjual melalui Shopee Live
- Produk terlaris selama pesta diskon akhir tahun:
Diskon Shopee 9.9:
- Penjualan merek atau brand lokal dan UMKM di Shopee Live naik 5 kali lipat dibandingkan hari biasa
- Penjualan produk lokal via Shopee Video naik 13x lipat
Diskon Shopee 10.10: Produk terjual pada sesi Shopee Live oleh mitra di Shopee Mall meningkat 10 kali lipat
Diskon Shopee 11.11:
- Penjualan produk brand lokal dan UMKM di Shopee Live meningkat lebih dari 7,5 kali lipat
- Penjual di Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto mencatatkan peningkatan transaksi ekspor tertinggi
Diskon Shopee 12.12:
- Atasan dan Tas wanita: peningkatan pesanan hingga tujuh kali lipat, terutama cardigan, kemeja, dan tas selempang
- Kosmetik Wajah serta Parfum dan Wewangian: peningkatan pesanan hingga 11 kali lipat, terutama bedak wajah, lipstik, dan eau de parfum
- Kebersihan dan Binatu peningkatan pesanan hingga 18 kali lipat, terutama sabun cuci piring, pewangi pakaian, dan detergen
- Peningkatan transaksi brand lokal dan UMKM via Shopee Live lebih dari 9 kali lipat