Lazada Pakai AI: Bantu Konsumen Cari Diskon dan Coba Baju Virtual

Lazada
Head of Business Growth and Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo
Penulis: Desy Setyowati
29/7/2025, 17.28 WIB

Lazada menyediakan AI Lazzie, asisten belanja personal berbasis kecerdasan buatan. Layanan ini memungkinkan konsumen mencoba pakaian secara virtual dan mencari diskon dengan lebih cepat.

“Kami menyadari peran AI saat ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari, seperti dalam pengambilan keputusan belanja online,” Head of Business Growth and Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo dalam keterangan pers yang diterima Katadata.co.id, Selasa (29/7).

Ia merujuk pada riset Kantar bersama Lazada berjudul ‘Adopsi AI dalam E-Commerce di Asia Tenggara’, 96% konsumen yang berbelanja online memilah produk yang lebih relevan dan sesuai preferensi menggunakan AI.

Dalam memilih produk, konsumen menimbang kualitas produk (54%) dan harga (51%). Sebanyak 36% aktif membandingkan harga produk dan menunggu diskon sebelum membeli.

Oleh karena itu, Lazada menyediakan AI Lazzie berbasis teknologi Alibaba untuk membantu konsumen mencari produk yang didiskon dan voucer. Solusi berbasis AI generatif ini dilengkapi dengan empat fitur utama, yaitu:

  1. Pesan+: Fitur kirim pesan personal yang memberikan rekomendasi belanja, akses ke voucer tersembunyi hingga berbagai diskon lainnya.
  2. Model Try-On: Pengalaman belanja imersif dengan model virtual untuk menemukan ukuran dan bentuk pakaian yang pas.
  3. Deskripsi Produk Berbasis AI: Membuat deskripsi produk yang menarik dan relevan, menyoroti keunggulan utama sesuai dengan preferensi pengguna.
  4. Ulasan Cerdas Berbasis AI: Meringkas ulasan produk secara cerdas dan memberikan informasi singkat untuk keputusan belanja yang lebih cepat dan tepat.

“Pemahaman (bahwa konsumen membutuhkan AI) mendorong kami untuk terus berinvestasi pada pengembangan teknologi, termasuk AI, untuk menyajikan pengalaman belanja yang cerdas dan personal,” ujar Amelia.

“Kemampuan AI dalam menyaring dan menganalisis informasi dalam skala besar memungkinkan platform e-commerce seperti Lazada untuk memahami kebutuhan konsumen dengan lebih tepat,” Amelia menambahkan.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.