DANA Bikin Alat Cegah Penipuan saat Bayar Pakai QRIS

Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi DANA di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9). 
Penulis: Lenny Septiani
8/3/2024, 14.43 WIB

DANA menguji coba alat pembayaran dengan QRIS yang dapat bersuara. Inovasi ini bertujuan mencegah penipuan transaksi pembayaran melalui QRIS dan membantu pengguna disabilitas.

Alat pemindai pembayaran statis dengan metode QRIS itu diberi nama QRIS Soundbox. Alat ini dilengkapi dengan notifikasi suara.

“Tujuan awal DANA Soundbox untuk menyelesaikan masalah scamming transaksi yang ada di pasar,” kata Merchant Engagement DANA Indonesia, Pandu Azhari kepada media usai acara Program Sosialisasi DisBerdaya: Merangkul UMKM Disabilitas untuk Siap Berdaya, di Jakarta, Jumat (8/3).

“Ada kekhawatiran kasir soal apakah konsumen benar-benar membayar,” Pandu menambahkan. Alat ini bertujuan memastikan transaksi dilakukan.

Saat diuji coba, alat tersebut dapat mengeluarkan notifikasi berupa suara setelah pembayaran berhasil dilakukan. “Misalnya, bayar Rp 10 ribu yang akan ternotifikasi,” ujar Pandu.

Head of Government Relations and Public Policy DANA Indonesia Felix Sharief menambahkan, DANA Soundbox bermanfaat bagi segmen lain seperti para penyandang disabilitas khususnya tunanetra.

Untuk mendapatkan DANA Soundbox, merchant harus mendaftar akun DANA bisnis. Kemudian akan dihubungi oleh tim DANA untuk mendapatkan alat ini.

QRIS Soundbox masih dalam tahap uji coba di area Jabodetabek dan beberapa area utama pasar DANA. Perusahaan belum dapat mengonfirmasi kapan alat ini akan diluncurkan untuk umum.

Felix mengatakan, alat itu masih dalam tahap sosialisasi dan sudah diperkenalkan ke Bank Indonesia. Salah satu sosialisasi QRIS Soundbox bekerja sama dengan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) dan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI).

Reporter: Lenny Septiani