Lampaui Target, Transaksi Harbolnas 2019 Tembus Rp 9,1 Triliun

Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi. Riset Nielsen mencatat penjualan Harbolnas 2019 masih didominasi kategori fesyen dan kosmetik.
Editor: Agustiyanti
19/12/2019, 07.15 WIB

Hasil riset Nielsen Indonesia menyebut nilai transaksi Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2019 mencapai Rp 9 triliun. Hasil riset pada 11-12 Desember ini lebih tinggi dari target yang dipatok Asosiasi E-Commerce Indonesia atau idEA sebesar Rp 8 triliun.

“Nilai transaksi Harbolnas kali ini naik signifikan sebesar Rp 2,3 triliun dibanding Harbolnas tahun lalui Rp 6,8 triliun,” ujar Director of Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri melalui siaran pers, Rabu (18/12).

Riset menunjukkan kenaikan transaksi berasal dari peningkatan penjualan produk lokal yang naik Rp 1,5 triliun dibanding tahun lalu menjadi Rp 4,6 triliun. Selain itu, transaksi Harbonal juga tak terbatas pada pembelian produk. Konsumen turut memanfaatkan diskon untuk membayar tagihan atau top up  melalui e-commerce.

"Hasil survei Nielsen Indonesia menunjukkan adanya peningkatan di bagian bill payment/top up sebesar 7%," ujar Rusdy.

(Baca: Harbolnas 2019, Blibli.com Cetak Kenaikan Transaksi 1,7 Kali Lipat )

Adapun untuk produk, penjualan selama Harbonas masih didominasi oleh fesyen dan kosmetik. Tercatat, produk-produk pada kategori tersebut rata-rata naik 6%. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur