Jumlah penyelenggaraan acara secara daring meningkat pesat selama pandemi corona. Tren ini yang dibidik perusahaan video on-demand GoPlay. Salah satu lini bisnis Gojek ini meluncurkan layanan GoPlay Live yang menawarkan tayangan langsung atau live streaming event secara online seperti konser dan festival.
CEO GoPlay Edy Sulistyo mengatakan Covid-19 menggeser perilaku konsumen dalam mengkonsumsi hiburan, termasuk event yang dilakukan secara daring. Menurutnya, terjadi lonjakan jumlah penyelenggaraan event secara online di aplikasi Loket.com, bagian dari ekosistem yang sama dengan GoPlay di bawah naungan Gojek.
Penyelenggaraan acara secara daring di Loket.com mencapai 96 %. Bahkan, sejumlah event daring berhasil meraih penjualan lebih dari 5.000 tiket. “Tren behavior dan perilaku masyarakat bergeser ke arah sana,” kata Edy dalam konferensi video pada Kamis (23/7).
Namun, meskipun sudah banyak event secara daring, konsumen tetap menginginkan pengalaman yang sama seperti ketika menghadiri kegiatan secara langsung. Misalnya, interaksi sosial, pengalaman dalam membeli makanan atau minuman, mendapatkan merchendise, menonton artis secara dekat, atau kualitas sound system yang baik. “Hal-hal itu tidak terjadi di online,” kata Edi.
Untuk memenuhi kebutuhan itu, GoPlay membuat layanan GoPlay Live. Di aplikasi ini, GoPlay menayangkan live streaming berbagai event, mulai dari konser, festival, atau pergelaran lain secara interaktif.
Beberapa fitur yang ada di GoPlay Live, menurut Edi, mendukung konsumen untuk menikmati event dengan pengalaman secara langsung. Sebagai contoh fitur ShoutBox atau Question and Answer yang membantu pengguna berinteraksi dan tanya jawab langsung dengan penyelenggara event maupun penampil.
Kemudian, ada fitur Running Text untuk membantu para pembuat konten atau event menyampaikan informasi kepada pengguna. Ada pula fitur Private Group Chat untuk mempermudah pengguna berdiskusi dengan teman masing-masing secara privat sambil menonton.
Ada fitur Cast to TV untuk mempermudah pengguna menonton dari aplikasi GoPlay di layar lebar. Terakhir, ada fitur Live Shopping dan Merchandise, untuk mempermudah pengguna membeli merchandise, souvenir, dan barang lain dari pembuat konten atau event.
Agar penetrasi makin meluas, GoPlay juga memanfaatkan ekosistem yang ada di Gojek. Melalui GoFood, GoShop, dan berbagai layanan Gojek lainnya, pengguna GoPlay bisa sekaligus membeli produk-produk yang dijual di event.
GoPlay memang menjalankan strategi dengan memanfaatkan ekosistem Gojek. Perusahaan gencar memberikan promosi dengan skema paket bundling atau menggabungkan produk untuk menarik konsumen. Contohnya, paket GoFood dan GoPlay. “Jadi beli paket GoFood, bisa akses GoPlay,” kata Edy Sulistyo saat mengikuti webinar Katadata bertajuk ‘Covid-19: Distruptor Atau Enabler Bisnis Startup?’ Juni (19/6).