Transportasi Tak Maksimal, Gojek Andalkan Lima Layanan Saat Pandemi

Transaksi yang meningkat antara lain GoMart, GoFood, hingga GoSend
Image title
6 Juli 2020, 21:23
virus corona, covid-19, gojek
dok. Gojek
Ilustrasi pengemudi mitra gojek. Gojek (6/7) mengatakan lima layanan pacu transaksi mereka saat pandemi virus corona

Perusahaan layanan on-demand  yakni Gojek mencatat ada lima layanan yang paling banyak digunakan pengguna selama pandemi virus corona. Dari kelimanya tidak ada layanan transportasi seperti GoRide dan GoCar lantaran terkena dampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Lima layanan Gojek itu tercatat mengalami peningkatan permintaan selama periode Maret hingga Mei 2020 dibandingkan Januari hingga Februari 2020. Andalan pertama selama masa pandemi yakni layanan pesan antar makanan dan kebutuhan sehari-hari yang ada di GoFood dan GoMart.

"Sejak awal masa pandemi hingga memasuki masa tatanan baru sejumlah layanan Gojek mengalami peningkatan permintaan," katanya dalam siaran pers pada Senin (6/7).

(Baca: Bersaing dengan Gojek, Grab Punya Taktik Dongkrak Transaksi Mitra UMKM)

Advertisement

Layanan GoFood banyak digunakan masyarakat dalam menyiapkan makanan di tengah  adaptasi kesibukan bekerja di rumah. Tak hanya itu, Gojek meluncurkan inovasi kategori makanan siap masak (Ready to Cook) dan telah mengalami kenaikan transaksi yang besar sejak April lalu.

Sedangkan transaksi GoMart naik hingga tiga kali lipat dari Maret hingga Mei 2020 dibandingkan periode Desember 2019 hingga Februari 2020. Ini lantaran layanan tersebut banyak digunakan untuk belanja harian masyarakat selama masa pandemi.

Layanan kedua adalah pembayaran digital menggunakan GoPay yang meningkat empat kali lipat dibandingkan bulan ramadan tahun lalu.  Selain itu transaksi GoPay untuk investasi reksadana naik hampir dua kali lipat. Fitur tersebut juga digunakan untuk keperluan pembayaran gim online dengan jumlah kenaikan tiga kali lipat.

Selama pandemi, transaksi di GoMed melalui GoPay juga meningkat dua kali lipat. Begitu juga transaksi pembelian obat di fitur tersebut mengalami peningkatan hingga 103% dibandingkan sebelum corona.

Layanan ketiga yang meningkat adalah donasi digital melalui GoPay. Total sumbangan yang disalurkan mencapai Rp 45 miliar pada periode Maret hingga Mei 2020 atau naik dua kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi. 

Donasi itu disalurkan masyarakat ke Kitabisa.com, ratusan rumah ibadah, yayasan, pembelian tiket konser amal di GoTix, serta pembayaran zakat digital lewat aplikasi Gojek. 

Keempat, layanan hiburan dan acara online yang mencakup GoGames, GoPlay, dan GoTix. Gojek mencatat terjadi peningkatan jumlah sesi permainan di layanan GoGames sebanyak 64 kali lipat selama pandemi,

Untuk streaming konten film dan serial lokal di GoPlay naik 10 kali lipat dari total waktu yang dihabiskan oleh pengguna GoPlay. Sedangkan untuk event online, terjadi peningkatan sampai 32 kali lipat jumlah acara yang tersedia di platform GoTix.

Kelima adalah layanan logistik Gojek melalui GoSend yang meningkat hampir 90% selama pandemi. Khusus sepanjang ramadan tahun ini, lebih dari 80% transaksi GoSend berasal dari layanan pengantaran makanan dan minuman.

(Baca: Banyak Pekerja Lepas Gabung di Platform Digital pada Masa Pandemi)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait