Siasat Telkomsel Saingi Netflix hingga Gojek di Bisnis Streaming Film

telkomsel
Ilustrasi tampilan platform MAXstream
26/8/2020, 16.31 WIB

Layanan Video on Demand (VoD) semakin diminati saat pandemi corona. Unit bisnis streaming film milik Telkomsel, MAXstream pun menyiapkan empat strategi untuk bisa bersaing dengan pemain lain seperti GoPlay dari Gojek dan Netflix.

Pertama, menggaet penyedia layanan VoD lainnya seperti HBO Go, iFlix, Viu, dan RCTI+. Yang teranyar, Telkomsel menggandeng Disney+ yang akan hadir pada awal bulan depan.

Perusahaan menyediakan 60 saluran televisi lokal dan internasional, serta 13 platform over the top (OTT). Setidaknya, ada lebih dari 10 ribu koleksi berupa film dan serial yang disediakan.

GM Video and Partnership Telkomsel Luthfi C Wibisono menjelaskan, MAXstream menerapkan skema marketplace, sehingga menghadirkan beragam layanan VoD. “Jadi bukan direct competitor. Kami justru, bersama-sama membesarkan industri film," ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu (26/8). 

Kedua, mengembangkan berbagai fitur. Salah satunya, MAXstream.tv untuk akses layanan di laptop maupun ponsel. Lalu, Time Shift untuk menjelajahi program televisi yang terlewat selama 24 jam terakhir.

MAXstream pun berencana meluncurkan fitur Parental Control. Namun, fitur ini kemungkinan belum bisa hadir tahun ini.

Ketiga, menggaet konten berbasis hyperlocal untuk mempromosikan para produsen film daerah. Salah satu yang diincar yakni production house film indie berjudul ‘Tilik’yang ramai diperbincangkan warganet.

GM Digital Content Creation Telkomsel Aris Sudewo mengatakan, keterlibatan produsen film lokal akan memperkuat daya tarik MAXstream. Oleh karena itu, perusahaan bakal berfokus memperluas kolaborasi dengan mitra besar maupun production house kecil yang potensial namun belum terekspos.

"Kami ingin mengangkat semua industri lokal kreatif Indonesia. Mungkin itu yang menjadi salah satu pembeda kami dengan penyedia VoD lainnya," ujar Aris.

Terakhir, mengembangkan konten orisinal. Dalam waktu dekat, perusahaan akan menghadirkan konten buatan sendiri dengan genre reality show dan konser music seperti ‘Passion Project’ dan ‘Wisuda Online 2020’.

Saat ini, MAXstream telah menggaet 8,3 juta pelanggan aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) di tengah pandemi virus corona. Terdapat empat kategori konten yang paling diminati pelanggan di platfrom VoD tersebut, di antaranya yakni sepak bola, religius, romantis dan horor.

Aplikasi MAXstream diunduh lebih dari 30 juta kali di Play Store serta App Store. Waktu menonton di aplikasi sekitar 55 juta menit per bulan.

Reporter: Cindy Mutia Annur