Kurangi Bakar Uang, Startup Fore Coffee Berfokus Cari Untung Tahun Ini

East Ventures
Gerai Fore Coffee
Penulis: Lenny Septiani
31/5/2023, 08.52 WIB

Fore Coffee menargetkan strategi bisnis tahun ini berfokus pada rencana untuk mencapai keuntungan. Startup retail kopi lokal ini pun gencar mengurangi ‘bakar uang’ atau diskon besar-besaran.

Co-founder sekaligus CEO Fore Coffee Vico Lomar menyampaikan, EBITDA atau laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi positif pada kuartal III 2021.

“Salah satu faktor kunci mencapai kinerja positif yakni pemangkasan anggaran promosi hingga 50% pada 2021, 30% tahun lalu, dan lebih lanjut 20% - 30% tahun ini,” ujar Vico dalam keterangan pers, Rabu (30/5.

Selain itu, ada tiga langkah strategis startup Fore Coffee untuk mencapai profitabilitas, yakni:

  1. Mendorong kualitas produk unggulan dengan inovasi penelitian dan pengembangan
  2. Memberdayakan sumber daya manusia bermutu
  3. Menargetkan pembukaan gerai terbaru

Menurutnya, produk minuman unggulan merupakan instrumen promosi paling efektif.  Oleh karena itu, startup Fore Coffee berfokus pada penelitian dan pengembangan produk yang intensif dan berkelanjutan untuk terus menciptakan tren baru.

Produk unggulan atau signature Fore Coffee sepanjang tahun lalu yakni Aren Latte, Pandan Latte hingga Butterscotch Sea-Salt Latte. “Produk-produk ini berhasil mendorong merek masuk ke dalam daftar TOP 5 brand dengan top of mind tertinggi di Indonesia,” katanya.

Selain itu, Fore Coffee menggandeng penyanyi Vidi Aldiano untuk jadi Chief Savor Advisor Fore Coffee tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani