Unicorn perikanan eFishery merampungkan uji coba komersial di India. Startup ini pun bakal memperluas jangkauan ke lima negara bagian per akhir tahun depan.

Saat uji coba, eFishery memulai operasional di Andhra Pradesh. Negara bagian ini menyumbang 35% dari total produksi akuakultur India.

eFishery menggaet 50 karyawan lokal di sana. Para pegawai ini memiliki pemahaman mendalam tentang budaya setempat.

Ekspansi eFishery di India merupakan bagian dari pengembangan bisnis dengan menggunakan pendekatan ‘one country at a time’. Tujuannya, supaya nilai dampaknya secara berkala dan berkelanjutan.

Co-Founder sekaligus CEO eFishery Gibran Huzaifah menjelaskan India merupakan bagian penting dari strategi pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Hal ini mencakup perluasan jejak perusahaan di Indonesia dan pertumbuhan di pasar ekspor.

“Dimulai dengan India, kami bangga terhadap kemampuan eFishery mengerahkan potensi kekuatan akuakultur secara global melalui teknologi buatan Indonesia. Rata-rata peningkatan pendapatan pembudidaya dua hingga tiga kali lipat,” kata Gibran dalam keterangan pers, Kamis (14/12).

“Kami menyadari potensi dan nilai industri akuakultur India, baik secara ukuran dan struktur, memiliki kemiripan dengan Indonesia, yang didominasi oleh pembudidaya level kecil dan menengah,” Gibran menambahkan.

India memiliki populasi 1,4 miliar dengan tingkat konsumsi seafood hingga 60% - 70%.

Industri akuakultur di India bernilai lebih dari US$ 15 miliar dan pertumbuhan tahunan alias Compound Annual Growth Rate (CAGR) 8% lebih selama tiga dekade terakhir.

Namun pembudidaya kecil dan menengah di India menghadapi tantangan seperti lemahnya akses ke pasar, skema harga tidak konsisten dan tak menguntungkan, skema pembayaran selalu terlambat, serta kurangnya informasi dasar manajemen budidaya dari sisi tata cara, teknologi, maupun inovasi.

Oleh karena itu, eFishery masuk ke pasar India. Fokus bisnis startup ini mengoptimalkan praktik budidaya dan meningkatkan hasil panen secara keseluruhan.

“Tujuan bisnis kami tetap berfokus menyelesaikan masalah para pembudidaya dan meningkatkan profitabilitas dengan mendorong produktivitas dan efisiensi operasional. Kami tidak mengurangi keuntungan mereka, tetapi justru menggandakan hasilnya,” kata International Expansion Lead eFishery Neil Wendover.

Neil menyampaikan, lembaga pemerintah dan pemasok bahan baku berperan penting dalam mengatasi tantangan unik sektor akuakultur India.

“Kami senang bahwa upaya strategis kami membuahkan hasil. Di India, kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai pertumbuhan 10 kali lipat, selaras dengan target bisnis ekspansi internasional," katanya.