Investor Grab, Softbank Bakal Bertemu Jokowi pada Agustus

Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, investor Grab yakni Softbank bakal bertemu Presiden Joko Widodo pada 12-14 Agustus nanti.
Penulis: Desy Setyowati
2/7/2019, 12.21 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, investor Grab yakni Softbank bakal bertemu Presiden Joko Widodo pada 12-14 Agustus nanti. Ia mengatakan, pemerintah akan menawarkan beberapa proyek untuk didanai perusahaan asal Jepang itu.

“Presiden (Jokowi) sudah bilang, iya nanti bertemu. Kami sepakat Agustus,” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa (2/7).

Perusahaan multinasional tersebut memiliki anak usaha yang fokus menanamkan modal di startup, yakni Softbank Vision Fund. Nilai Softbank Vision Fund ini sekitar US$ 100 miliar.

(Baca: Disuntik Modal Softbank, Valuasi Grab Tembus Rp 196 Triliun)

Luhut mengatakan, pemerintah bakal menawarkan beberapa proyek kepada Softbank Vision Fund untuk dibiayai. “Ada US$ 100 miliar sebagai pendanaan Softbank. Kami akan tawarkan beberapa proyek,” katanya. Hanya, Luhut tak menjelaskan secara rinci perihal proyek tersebut.

Ia hanya menjelaskan, dirinya berharap Softbank mau berinvestasi di startup nasional yang fokus ke sektor pertanian atau perikanan. “Sekarang dia masuk ke Grab. Bisa saja (Softbank masuk) ke perikanan, seperti Aruna dan Fish On,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan