Telkomsel dan Indihome berencana merger. Produk gabungan keduanya yakni Smooa pun mencatatkan pertumbuhan jumlah pengguna empat kali lipat atau 300% secara tahunan (year on year/yoy).
Smooa merupakan produk sinergi Telkom dan Telkomsel. Ini berupa layanan add-on IndiHome yang menawarkan paket kuota, telepon, dan SMS dari Telkomsel yang dapat dibagikan ke tiga sampai enam nomor ponsel berbeda.
“Produk Smooa masuk dalam inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC) Telkom. FMC, mengacu pada IndiHome,” kata Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan dalam keterangan pers, Minggu (30/10). Layanan ini tersedia sejak 2020.
IndiHome menyediakan layanan fixed broadband yaitu internet, telepon dan TV interaktif. Sedangkan Telkomsel menghadirkan layanan mobile broadband seperti kuota internet, sms hingga telepon.
“Meski sudah gabung produk FMC ini belum dihubungkan satu sama lain. kuota produk masih sendiri-sendiri antara Telkomsel dan Indihome,” kata Kurniawan dalam acara Perang Tarif Internet: Mungkinkah Menular ke Penyedia Fixed Broadband, pekan lalu (24/10)
Indihome mencatatkan pertumbuhan pendapatan 6,4% yoy menjadi Rp 20,9 triliun pada kuartal III. Kontribusi lini bisnis itu terhadap pendapatan Telkom meningkat dari 18,5% pada kuartal III 2021 menjadi 19,2% tahun ini.
Unit bisnis itu memiliki lebih dari 8,9 juta pengguna dan tersedia di 499 dari 514 kota/kabupaten.
Sedangkan Telkomsel membukukan pendapatan Rp 66,16 triliun atau tumbuh 1,6% yoy. Bisnis di segmen mobile ini memiliki 159,8 juta pelanggan dengan data payload tumbuh 20,7% yoy menjadi 12.128.796 TB.
Konsumsi payload tumbuh 17,2% yoy menjadi 11.785 MB per pengguna layanan data.
Kurniawan menyampaikan, perusahaan menargetkan penyatuan Indihome dan Telkomsel selesai tahun depan. “Penggabungan ini akan menciptakan produk baru berupa Fixed Mobile Convergence,” kata dia.
Merger itu bertujuan mengatasi gangguan yang mungkin terjadi. “Jika layanan Indihome terganggu, jaringan Telkomsel bisa membantu,” tambah dia.
Dengan begitu, layanan Telkomsel dan Indihome akan menjadi satu kesatuan. Keduanya juga berencana meluncurkan lebih banyak layanan FMC selain Smooa.