ChatGPT bisa digunakan di Microsoft Word menggunakan fitur add on pihak ketiga bernama Ghostwriter. Pengguna tidak perlu beralih situs web untuk menyalin jawaban ChatGPT.
Ghostwriter dibuat oleh pengusaha bernama Patrick Husting. Ia merupakan pengembang perangkat lunak atau developer software di Seattle dan pernah bekerja di bisnis konsultasi Microsoft pada akhir 1990-an.
Cara menggunakan ChatGPT di Microsoft Word sebagai berikut:
- Buka Microsoft Word
- Buka tab Sisipkan
- Pilih Get Add-Ins
- Masukkan Ghostwriter di kotak telusur
- Hasil pencarian akan menampilkan add-on
- Unduh
- Mulai ulang Microsoft Word
- Ghostwriter akan ditampilkan sebagai jendela perintah terpisah di samping area pengetikan utama
Namun ada syarat sebelum menggunakan ChatGPT di Microsoft Word lewat Ghostwriter, yakni:
- Pengguna perlu membuat akun OpenAI gratis terlebih dulu untuk bisa menggunakan ChatGPT di Microsoft Word
- Menggunakan Microsoft Office versi 2019 atau yang lebih baru
Fitur ChatGPT di Microsoft Word itu juga berbayar:
- US$ 10 untuk sekali penggunaan dan dibatasi hanya dua paragraf
- Pro US$ 25 untuk sekali penggunaan dan menawarkan semua model bahasa OpenAI dengan panjang respons yang dapat dikonfigurasi
Microsoft menyetujui alat tersebut, sehingga dapat digunakan dengan berbagai versi dan tidak akan mengganggu akun pengguna.
Husting ingin menyematkan ChatGPT di layanan Microsoft Office selain Microsoft Word. Namun dia tidak yakin perusahaan akan setuju, karena bisa bertentangan dengan rencana Microsoft.
“Mereka mungkin mematikannya dalam satu atau dua tahun, ketika mereka menambahkan sesuatu ke Microsoft Office. Saya tidak keberatan,” kata Husting dikutip dari GeekWire, pekan lalu (1/2). "Apa yang saya lakukan tersedia untuk digunakan dan dimanfaatkan semua orang sekarang.”