Pengaruh Industri Game pada Ekonomi dan Investasi

Dok Sarjana Tua
Penulis: Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
19/4/2023, 10.04 WIB

Hampir semua orang pernah bermain game. Dengan bertumbuhnya industri game, orang tidak lagi harus keluar rumah untuk bermain dengan teman-teman sebaya.

Pertumbuhan game ini memberi pengaruh yang besar bagi perekonomian dan investasi. Bagaimana pengaruhnya bisa kamu lihat pada ulasan BelajarEkonomi dan penjelasannya di bawah ini.

Pertumbuhan Industri Game

Keberadaan internet membuat orang tidak harus mengeluarkan banyak tenaga jika ingin mencari informasi, hiburan, dan bekerja. Salah satu produk dari internet sendiri yaitu terciptanya industri permainan. Industri permainan bermula pada video game, salah satunya game konsol (Playstation dan Nintendo) 

Awalnya grafis pada video game hanya berupa garis dan titik seperti yang kita ketahui pada game console jaman dulu. Namun, semakin pesatnya pertumbuhan industri grafis, game yang ditawarkan juga semakin realistis dan bisa dinikmati di komputer, HP, maupun tablet

Industri permainan mulai berkembang pesat pada tahun 70-an di Amerika Serikat yang kemudian merambah ke seluruh dunia. Industri permainan konsol dikuasai oleh negara Jepang, sedangkan Amerika sendiri memiliki pengaruh besar pada game komputer. 

Hingga saat ini, industri permainan di Amerika berkontribusi bersama Korea Selatan menciptakan e-sport

Di Indonesia, industri ini baru masuk pada tahun 80-an. Produknya adalah game konsol. Namun, saat itu game ini harganya cukup tinggi, sehingga pasar yang dapat menikmati sedikit. 

Perkembangan industri permainan di Indonesia bermula pada tahun 2000-an. Pemerintah Indonesia mulai aktif dalam mengembangkan industri ini, seperti pembentukan studio lokal, mempermudah akses outsourcing perusahaan asing di dunia game, dan mengambil peranan dalam produksi game konsol

Dampak Industri Game pada Pertumbuhan Ekonomi

Memasuki era digital, industri permainan tidak hanya mengeluarkan perangkat keras. Mereka  terus menciptakan inovasi dengan mengeluarkan perangkat lunak. 

Hal ini membuat dampak industri game bagi pertumbuhan ekonomi semakin meningkat dari tahun ke tahun

Ketika jangkauan internet semakin luas, kecepatan akses lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah, jangkauan produsen game ke konsumen juga semakin singkat. Kemajuan ini memudahkan pengguna untuk membuka bisnis game, beriklan, dan membuat komunitas kompetisi  dan non-kompetisi melalui game

Dari hal ini kemudian munculah sebuah event besar yaitu e-sport. Saat ini, e-sport bahkan sudah masuk dalam cabang olahraga olimpiade. Hal tersebut tentu dapat menaikan pertumbuhan ekonomi di negaranya masing-masing.

Menurut data Statista, pertumbuhan rata-rata penghasilan game di “Worldwide” semakin meningkat dari tahun ke tahun. Adapun yang mendominasi adalah mobile games dengan lebih dari separuh penghasilan dari game global.

Industri Game 2 (Dok Sarjana Tua) 

Tak hanya itu, pertumbuhan orang yang memainkan game juga meningkat dari tahun ke tahun terutama pada sektor game mobiles.

Industri Game 3_User by Segment (Dok Sarjana Tua)

Adapun 5 negara industri game terbesar di dunia adalah China, US, Jepang, Korea Selatan, dan UK. Indonesia sendiri terhitung baru memulai merambah pada industri ini yakni saat era digital pada tahun 2010.

Meski begitu, penghasilan industri permainan di Indonesia telah mencapai $52,7 miliar dan mengalahkan industri film dan musik. Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN memiliki pasar industri permainan terbesar ke-17 di dunia.

Potensi Investasi Game
Industri Game 4_Mobile Legends (Dok Sarjana Tua)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa industri game membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat maupun negara. Bagi para pemodal besar, potensi investasi game bisa tersalurkan melalui industri game online.

Dalam meningkatkan potensi investasi game, perusahaan dapat mengembangkan game perangkat lunak melalui karakter unik yang muncul sebagai ciri khas suatu game. Contohnya pada game “Mobile Legends”. 

Dalam game tersebut tiap tokoh mempunyai kekuatan dan fungsi berbeda, visualisasi yang menarik, serta tipe suara yang berbeda. Hal ini menumbuhkan fanatisme bagi para pemain yang pada akhirnya terciptalah keinginan untuk menumbuhkan satu karakter tersebut dengan cara membeli diamond. 

Tak berhenti sampai di situ, dengan adanya e-sport dan dukungan pemerintah, fanatisme ini kemudian berganti. Seperti layaknya fans, maka tak segan untuk merogoh kocek lebih dalam demi mendukung idolanya menang dan terus bermain atau sekedar menonton streaming

Hal psikologis inilah yang bisa dikembangkan perusahaan untuk terus membuat keuntungan dan memperluas perusahaannya. 

Dengan demikian, bagi para pemodal besar investasi game akan sangat menguntungkan, karena dalam jangka waktu yang cukup lama, industri ini akan terus meningkat pesat

Apakah kamu siap untuk terjun di industri game? 

Kehadiran industri game memberi pengaruh yang baik bagi perekonomian masyarakat dan negara. Selain itu, potensi investasi game juga mampu memberikan keuntungan besar dalam jangka waktu lama. Namun, untuk dapat berhasil dalam investasi game, kamu perlu mempelajari cara investasi terbaik.