PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel akan menghentikan penggunaan seluruh jaringan internet generasi ketiga atau 3G, dan mengalihkan layanan ke jaringan 4G/LTE pada Mei 2023 ini. Artinya, pelanggan Telkomsel tak bisa lagi menggunakan ponsel tipe lama yang hanya menerima jaringan 3G.
Pada Mei 2023 ini, Telkomsel menuntaskan penghapusan layanan jaringan 3G, dan mengalihkannya ke jaringan 4G/LTE pada 31 kota/kabupaten yang tersebar di Sumatra Utara, Jabodetabek, Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara.
Proses ini merupakan tahap terakhir sejak dimulai pada Maret 2022, dan sampai saat ini telah mencakup 473 kota/kabupaten dari total target 504 kota/kabupaten di Indonesia.
Direktur Network Telkomsel, Nugroho, mengatakan hal ini dilakukan untuk mendorong pemerataan dan kesetaraan akses telekomunikasi broadband di seluruh negeri.
"Proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE yang kini telah memasuki tahap terakhir, utamanya difokuskan di wilayah yang memiliki tingkat adopsi gaya hidup digital masyarakat cukup tinggi dan penggunaan jaringan di area indoor, terutama di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat," ujar Nugroho pada keterangan tertulis, Selasa (9/5).
Hingga saat ini, Nugroho mengklaim, Telkomsel mencatatkan peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan migrasi ke uSIM 4G sebesar 38% dalam perhitungan tahunan (YoY), diikuti dengan pertumbuhan traffic payload 4G sebesar 15%.
Peningkatan tersebut tak terlepas dari upaya Telkomsel menghadirkan beragam program dan produk, di antaranya promo tambahan kuota internet bagi pelanggan yang melakukan migrasi atau penukaran uSIM 4G. Selain itu, terdapat program bundling smartphone 4G terjangkau yang telah mendukung akses jaringan 4G Telkomsel.
“Sejak tahap awal program peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga memasuki tahap terakhir ini, Telkomsel memastikan untuk tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband selama rangkaian proses berlangsung," katanya.
Dia optimistis, proses peralihan layanan jaringan akan mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi digital nasional, seiring terbukanya peluang bagi masyarakat dalam mengoptimalkan teknologi digital didukung jaringan berteknologi canggih.
Layanan Pelanggan Korporasi
Lebih lanjut, Nugroho menambahkan, Telkomsel mendorong pelanggan segmen korporasi serta industri yang memiliki layanan machine-to-machine (M2M) agar melakukan migrasi ke teknologi perangkat yang mendukung jaringan 4G/LTE, Layanan M2M yang dimaksud seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik serta perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang harus terhubung dengan jaringan broadband.
Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan manfaat layanan dari perangkat yang disediakan dapat beroperasi lebih optimal melalui dukungan jaringan broadband 4G/LTE.