Telkom Pakai AI Microsoft di BigBox, Bisa Analisis Tren dan Isu Politik

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Seorang pejalan kaki melintasi The Telkom Hub di Jakarta, Senin (27/3/2023).
Penulis: Amelia Yesidora
30/9/2024, 15.20 WIB

Telkom bekerja sama dengan Microsoft untuk menyediakan BigBox berbasis kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Platform BigBox AI ini memungkinkan pengguna menganalisis tren hingga isu sosial dan politik. 

“Inovasi ini menjadi bagian dari komitmen Telkom untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan seperti memanfaatkan teknologi AI yang dapat mengenali dan memahami kebutuhan pelanggan,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa dikutip dari siaran pers, Senin (30/9).

Salah satu teknologi AI pada BigBox yakni Natural Language Processing alias NLP yang paham bahasa Indonesia sehari-hari. NLP bisa menganalisis sentimen yang dijabarkan dalam bentuk teks digital dan mengubah topik dari data ke bentuk teks yang disampaikan ke pelanggan.

Berikut enam layanan BigBox AI:

1. BigSocial

AI ini bisa menentukan analisis sentimen, analisis tren, isu sosial politik, hingga personal brand. Ini dilakukan dengan menarik data dari media sosial dan media daring. AI ini juga bisa meningkatkan traffic dengan cara memberi saran keyword sesuai audiens.

2. BigLegal

AI ini digunakan untuk mempermudah pembuatan dokumen kebijakan. Caranya, memprediksi efektivitas aturan dengan memantau opini publik, menjaga kepatuhan hukum, dan kolaborasi tim dalam satu platform

3. BigMarket

Layanan ini bisa digunakan untuk analisa e-commerce. AI bakal menganalisis penjualan produk, pendapatan, pola pembelian, tren produk hingga kompetitor dalam satu platform.

4. BigVision

Layanan ini bisa memantau dan mendeteksi objek otomatis lewat gambar dan video. Fungsinya dua, untuk menghitung kendaraan dan manusia. Jadi, bisa digunakan untuk monitor akses pengunjung dalam satu gedung dan meningkatkan keamanan lingkungan. Lalu, bisa juga digunakan mencegah macet, pelanggaran lalu lintas, dan penggunaan pelat kendaraan palsu.

5. BigOne

Dengan AI Data Extraction, layanan bisa memindahkan data dengan aman serta mengubah tipe data lebih cepat,

6. BigBuilder

Layanan ini menggunakan teknologi report generator untuk mendapat visualisasi data dari laporan tanpa melakukan analisis manual.

Reporter: Amelia Yesidora