KIC Kenalkan Platform SPLASH, Analisis Data untuk Maksimalkan Peluang Bisnis

Katadata
Platform analisis data, SPLASH yang diluncurkan Katadata Insight Center pada acara Tech in Asia Conference, Jakarta, Kamis (24/10). Foto: Kamila Meilina/Katadata
24/10/2024, 19.33 WIB

Katadata Insight Center (KIC), unit bisnis Katadata pada penelitian dan analisis data, memperkenalkan platform analisis data, SPLASH. Platform tersebut diperkenalkan dalam acara Tech in Asia Conference yang digelar pada Rabu–Kamis, 23–24 Oktober 2024.  

 Tech in Asia Conference merupakan konferensi teknologi tahunan yang diadakan oleh perusahaan media teknologi, Tech in Asia.  Pada gelaran TIA Conference 2024, KIC menghadirkan platform berbasis analitik data SPLASH, kependekan dari Sales Planning and Synergy Hub Tools. 

Dari penjelasan KIC, SPLASH adalah produk Databoks by Katadata yang bisa menganalisa dan memprediksi kondisi pasar untuk meningkatkan penjualan serta profit. 

Platform ini fokus pada evaluasi dan pengembangan kinerja bisnis melalui penggunaan data yang komprehensif. Beberapa yang digunakan adalah alat perencanaan penjualan (sales planning tools), indikator ekonomi makro, dan pembaruan berita industri terkini.

Dengan SPLASH, perusahaan dapat memetakan lokasi potensial untuk ekspansi, memproyeksikan penjualan, hingga menjajaki kemitraan produk yang strategis. 

 Platform ini juga memberikan wawasan menyeluruh yang dikemas dalam satu dashboard, membantu perusahaan dalam memahami tren pasar dan kondisi ekonomi secara real-time

Manfaat utama Splash adalah meningkatkan produktivitas bisnis serta memberikan fleksibilitas perencanaan dan ekspansi yang dapat diandalkan melalui penggunaan indikator eksternal yang kaya. 

Berikut merupakan fitur utama SPLASH:

  • Sales Planning Tools: Membantu bisnis merencanakan dan memantau potensi lokasi penjualan berdasarkan data eksternal dan internal, memetakan area potensial, dan menilai kondisi pasar secara komprehensif. Tools juga menyediakan alat untuk mengukur potensi permintaan geografis dan menganalisis karakteristik setiap area.
  • Macro-Economic Dashboard: menyajikan data makroekonomi Indonesia, termasuk PDRB, inflasi, serta kondisi ekonomi per provinsi dan sektor. Ini memungkinkan bisnis memantau fluktuasi ekonomi dan memitigasi dampak negatif dari inflasi dan deflasi.
  • News Updates & Data Stories: Platform ini menawarkan pembaruan berita industri terbaru yang relevan, yang diatur berdasarkan sektor bisnis. Informasi ini membantu bisnis memahami kondisi pasar terkini dan mengambil langkah strategis dalam menghadapi perubahan.
Reporter: Kamila Meilina