Microsoft mengumumkan kecerdasan buatan (AI) besutannya, Microsoft 365 Copilot, yang mendukung bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut memungkinkan semakin banyak individu dan organisasi di Indonesia dapat memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan (AI).

Platform AI Copilot terintegrasi di seluruh aplikasi Microsoft 365 seperti Word, Excel, dan PowerPoint, Microsoft 365 Copilot. Perangkat ini memungkinkan pengintegrasian AI ke dalam kegiatan operasional bisnis sehari-hari.

Go-To-Market Lead, AI at Work & AI for Cybersecurity Microsoft ASEAN, Ricky Haryadi menyatakan, Microsoft 365 Copilot dengan Bahasa Indonesia membuka peluang bagi organisasi untuk mentransformasi cara kerja.

Ia mengungkapkan fitur-fitur tersebut juga memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas, mengembangkan kreativitas, dan mendorong kualitas kerja, dengan proteksi tingkat enterprise serta praktik AI yang bertanggung jawab.

“Copilot hadir untuk membantu dalam segala hal, mulai dari meringkas serta membuat dokumen, hingga melakukan analisis data yang kompleks,” kata Ricky Haryadi, dikutip dari siaran pers, Senin (9/12).

Telkomsel merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan AI Copilot sejak awal. Perusahaan operator seluler tersebut mengungkap adanya peningkatan produktivitas yang signifikan sejak mengadopsi solusi ini.

Misalnya pada tim pemasaran, memanfaatkan Microsoft 365 Copilot untuk menyederhanakan program pemasaran, manajemen saluran, dan pembuatan kampanye, sekaligus meningkatkan lead generation. Mereka juga mencatat rekap rapat yang berkurang dari 2 jam menjadi 30 menit.

Sejak diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 1 November 2023, Copilot telah menghadirkan lebih dari 300 pembaruan, termasuk yang disampaikan pada pengumuman
gelombang kedua Microsoft 365 Copilot dan Microsoft Ignite 2024.

Reporter: Kamila Meilina