Mencermati Perbedaan Public Affairs dan Public Relations

Pexels
Ilustrasi, karyawan di suatu perusahaan.
Editor: Agung
29/5/2023, 14.20 WIB

Masih banyak orang yang cukup sulit dan bingung untuk mengetahui apa yang menjadi perbedaan dan persamaan antara public relations dan public affairs. Oleh sebab itu, menarik untuk mencari tahu lebih lanjut perbedaan public relations dan public affairs, serta bagaimana keduanya berkontribusi dalam perusahaan.

Public affairs dan public relations memiliki beberapa aspek yang sama, namun di sisi lain ada beberapa aspek yang berbeda. Perbedaan tersebut meliputi fungsi, peran, cakupan, dan lain-lain.

Banyak orang menganggap bahwa public relations dan public affairs adalah sama. Meskipun terdapat beberapa kesamaan, ada perbedaan yang mendasar yang membuat keduanya unik satu sama lain. Itulah mengapa public relations dan public affairs memiliki penyebutan yang berbeda pula.

Persamaan Public Relations dan Public Affairs

Public Relations dan Public Affairs (Pexels)

Seperti yang sudah dijelaskan, public relations dan public affairs memiliki metode yang sama untuk mencapai tujuannya. Seseorang yang bekerja di bidang public relations dan public affairs bergantung pada strategi yang dirancang dengan baik untuk mendapatkan tanggapan yang spesifik dari para audiens.

Para pekerja di bidang public relations dan public affairs membangun hubungan dengan media massa. Selain itu, para pekerja tersebut juga menyebarkan informasi demi menjungkirkan citra pribadi atau organisasi mereka.

Public Affairs Government misalnya, dapat bertindak sebagai agen perubahan yang menginspirasi partisipasi masyarakat dalam pelestarian lingkungan melalui kampanye tentang manfaat daur ulang. Di sisi lain, representasi public relations juga bisa mempromosikan produk baru perusahaan untuk meningkatkan minat para konsumen.

Para public relations dapat menggunakan kombinasi strategi tradisional dan digital agar materi pemasarannya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Strategi tradisional dapat meliputi radio, televisi maupun iklan. Sementara itu, taktik digital meliputi iklan online serta perluasan jejaring di platform media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Seorang profesional di bidang public relations harus memiliki beberapa kemampuan penting untuk mencapai kesuksesan. Kompetensi utama ini termasuk kemampuan riset yang solid, analisis, dan berpikir kritis. Di samping itu, kemampuan untuk beradaptasi dengan media digital seperti aplikasi dan jejaring sosial juga sangat penting.

Profesional public relations dan public affairs dapat mencari pekerjaan di berbagai organisasi, mulai dari perusahaan, lembaga pemerintah, perusahaan swasta, organisasi nirlaba hingga organisasi politik. Mereka bisa memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk membantu pihak-pihak yang menaunginya tersebut berhasil dalam hal publisitas, kampanye, maupun pemasaran.

Public relations dan public affairs memiliki banyak persamaan. Kedua profesi ini melibatkan strategi komunikasi untuk tetap terhubung dengan audiens, seperti menyebarkan informasi tentang organisasi atau perusahaan tertentu, dan membangun hubungan dengan masyarakat luas.

Perbedaan Public Relations dan Public Affairs

Public Relations dan Public Affairs (Pexels)

Setelah mengenal persamaan antara public relations dan public affairs, terdapat pula perbedaan antara dua profesi ini. Public affairs dan public relations berbeda dalam hal topik dalam tujuan utama yang ingin dicapai.

Kampanye yang disampaikan oleh seorang public affairs lebih berfokus pada konsep politik seperti lingkungan, kecenderungan, keputusan, dan lain-lain. Sementara public relations fokus pada mempererat hubungan manusia dengan perusahaan dari produk atau layanan yang ditawarkan.

Public affairs lebih berfokus pada politik, hubungan masyarakat memiliki tujuan penjualan. Para profesional di bidang public affairs, bekerja untuk mempengaruhi kebijakan publik dan menjunjung tinggi agenda organisasi.

Pekerja di bidang public relations memiliki ruang lingkup yang berbeda. Seorang public relations memiliki tujuan untuk menciptakan citra positif dari organisasi, membangun loyalitas dengan audiens, serta mempromosikan citra perusahaan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui ketika mengidentifikasi topik-topik strategis yang berhubungan dengan hubungan masyarakat dan kebijakan publik, public affairs akan lebih terlihat. Sementara, public relations lebih ke pemasaran dan konsumen langsung.

Perpaduan Public Relations dan Public Affairs dalam Berbagai Bidang

Public Relations dan Public Affairs (Pexels)

Public relations berfokus pada membentuk citra positif untuk organisasi, kebijakan, atau agenda lainnya. Mereka melakukan hal tersebut dengan menarik perhatian publik melalui berbagai aktivitas seperti merancang pemasaran, membuat press release, branding, media sosial, riset pasar dan cara lain.

Perpaduan antara public relations dan public affairs contohnya yakni ketika seorang pekerja di bidang public relations membuat strategi bagi sebuah perusahaan alat kesehatan.

Pihak tersebut bekerja sama dengan public affairs untuk melakukan kampanye mengajak orang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala agar lebih banyak orang membeli alat-alat kesehatan di rumah.

Perusahaan dapat memanfaatkan hubungan masyarakat mereka untuk mencapai tujuan bisnisnya dengan meluncurkan iklan produk medis langsung kepada konsumen. Hal ini memberikan hasil yang sangat signifikan bagi kedua bidang pekerjaan tersebut.

Itulah penjelasan terkait dengan perbedaan public relations dan public affairs. Berdasarkan hal itu, dapat diketahui penting bagi sebuah perusahaan untuk menjaga relasi yang baik dengan konsumen maupun pihak-pihak lainnya.