Saham Unggulan Adalah Saham Berperforma Terbaik, Ini Penjelasannya

Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
31/1/2024, 13.52 WIB

Saham unggulan adalah saham-saham dari perusahaan yang memiliki reputasi baik dan kinerja solid. Tidak hanya menunjukkan pertumbuhan yang stabil, saham unggulan memiliki nilai kapitalisasi yang besar serta mampu memberikan dividen secara konsisten.

Sebagai pilihan investasi, saham unggulan dapat menjadi strategi yang menjanjikan untuk mencapai tujuan jangka panjang. Meskipun perlu diingat bahwa semua bentuk investasi melibatkan risiko. Tidak heran jika saham unggulan cukup laris di bursa.

Pengertian Saham Unggulan

saham unggulan (Pexels)

Saham unggulan adalah saham-saham yang memiliki reputasi baik, biasanya disebabkan oleh pertumbuhan laba yang tinggi. Keberhasilan ini menjadikan saham unggulan sebagai produk yang diminati di pasar saham.

Menurut Investopedia, saham unggulan mengacu pada saham dari perusahaan berkualitas yang mampu beroperasi dengan menguntungkan dalam berbagai kondisi ekonomi, baik maupun buruk.

Saham unggulan di pasar modal diberi sebutan blue chip ketika perusahaan yang menerbitkannya telah terbukti memiliki etos kerja, dasar fundamental yang kuat serta manajemen yang baik dan profesional. Sebutan "blue chip" ini terinspirasi oleh kepingan koin berwarna biru dalam permainan poker yang dianggap memiliki nilai tinggi.

Dengan demikian, saham blue chip atau saham unggulan dianggap sebagai investasi yang stabil dan aman. Sering kali menjadi pilihan bagi para investor yang mencari keamanan dan pertumbuhan jangka panjang.

Kelebihan Saham Unggulan

Dari namanya, investor mendapatkan gambaran bahwa saham unggulan memiliki keunggulan tersendiri. Berikut beberapa kelebihan saham unggulan:

1. Pertumbuhan yang Baik

Salah satu kelebihan saham unggulan adalah pertumbuhannya yang positif. Meskipun pertumbuhannya cenderung lambat namun saham unggulan terus mengalami perkembangan secara berangsur.

Hal ini sebenarnya menjadi indikator yang menguntungkan, terutama bagi mereka yang ingin melakukan investasi dalam jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, saham unggulan dapat menjadi sumber pendapatan pasif, memberikan manfaat finansial yang signifikan di masa depan.

2. Kinerja Perusahaan Sudah Solid

Kelebihan kedua dari saham unggulan adalah perusahaan yang menerbitkannya memiliki kinerja stabil. Contohnya, perusahaan tersebut dapat menunjukkan laba konsisten, produk yang diminati oleh masyarakat, selalu mengalami perkembangan setiap tahun dan faktor-faktor lainnya yang menandakan kesehatan perusahaan.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, para investor dapat merasa lebih aman. Sebab kondisi ekonomi perusahaan cenderung stabil dan tidak mudah tergoyahkan, bahkan dalam situasi krisis sekalipun.

saham unggulan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.)

3. Nilai Kapitalisasi Besar

Kelebihan selanjutnya dari saham unggulan terletak pada nilai kapitalisasi yang besar. Nilai kapitalisasi ini umumnya dikelompokkan menjadi tiga kategori.

Saham yang memiliki nilai kapitalisasi di atas Rp10 triliun masuk dalam kelompok besar. Sedangkan saham dengan kapitalisasi antara Rp500 miliar hingga Rp10 triliun termasuk dalam kategori saham lapis dua. Untuk saham dengan nilai kapitalisasi di bawah Rp500 miliar akan dikategorikan sebagai saham lapis tiga.

4. Dividen Cenderung Konsisten

Kelebihan selanjutnya, saham unggulan mampu memberikan dividen secara konsisten. Dividen merupakan bagian dari laba perusahaan yang diberikan kepada para pemegang saham sebagai bentuk apresiasi atas dukungan mereka. Secara rutin, saham unggulan dapat memberikan dividen tersebut setiap tahunnya.

5. Memimpin Sektor Industri Tertentu

Keunggulan lain dari saham unggulan adalah posisinya sebagai pemimpin di sektor industri tertentu. Umumnya, perusahaan yang menerbitkan saham unggulan telah beroperasi selama bertahun-tahun. Produk dari perusahaan tersebut tidak hanya diminati di tingkat nasional tetapi mungkin juga di internasional. Keadaan ini dianggap sebagai kualitas yang menjanjikan di mata para investor.