Lo Kheng Hong Nilai Dua Sektor Saham ini Paling Tangguh

Youtube Hermanto Tanoko
Lo Kheng Hong.
Penulis: Lona Olavia
23/6/2023, 17.14 WIB

Investor yang sering disebut Warren Buffet asal Indonesia, Lo Kheng Hong menuturkan ada dua sektor saham yang paling tangguh. Dua sektor itu ialah perbankan dan batu bara.

Namun Lo Kheng Hong mengatakan, investor perlu memilih saham yang luar biasa atau wonderful company jika mau mengkoleksi saham-saham di sektor tersebut. 

“Dua sektor ini adalah dua sektor yang tidak terimbas oleh krisis. Kalau perusahaan biasa tentu terimbas. Kalau wonderful company tak terimbas,” kata Lo Kheng Hong dalam acara seminar How To Be a Wise and Smart Investor Amidst Uncertainty? di UKDW Yogyakarta, dikutip Jumat (23/6).

Sektor perbankan, menurutnya tangguh dari krisis di mana hal tersebut bisa dilihat dari laporan keuangan perbankan. “Tahun lalu katanya krisis tapi cuannya akeh (bagus). Sampai ada bank yang cuannya Rp 40 triliun,” katanya.

Sementara sektor energi dalam hal ini batu bara juga dinilainya menarik. Batu bara menurutnya akan selalu diandalkan dalam masa depan, meski energi baru dan terbarukan sedang tren saat ini.

“Mau pakai PLTA tapi kalau lagi kemarau susah, sungai kecil-kecil. Mau buat bendungan susah konstruksinya. Mau pakai angin juga sedikit. Pakai tenaga surya, saya kasih tahu yah PLTU kan bisa 1.000 megawatt, tenaga surya 1 megawatt butuh solar panel seluas 1 hektare. Jadi mau 1.000 megawatt butuh 1.000 hektare bentangan panelnya, dan belum baterainya mahal,” katanya.

Oleh karena beberapa alasan tersebut, Lo Kheng Hong mengatakan bahwa batu bara masih sangat dibutuhkan. Bahkan itu juga berlaku untuk jangka panjang.