Debat Pilpres dan Kampanye Pemilu Meriah, Emiten Media Mendulang Cuan

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan) serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kedua kiri) menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik yang diangkat a
Penulis: Lona Olavia
13/12/2023, 13.26 WIB

Debat perdana capres dan cawapres Pemilu 2024 telah dimulai. Pelaksanaan debat capres pertama yang berlangsung Selasa (12/12) malam pun berlangsung meriah.

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024, 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Serangkaian debat akan diikuti oleh semua pasangan capres cawapres yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Menilik rangkaian debat capres cawapres dan kampanye tersebut, diyakini akan memberi angin segar ke emiten media. 

"Emiten media secara umum akan diuntungkan oleh kampanye politik. Minat masyarakat menonton debat umumnya diikuti oleh pemasangan iklan,” ujar Head of Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana kepada Katadata.co.id, Rabu (13/12). 

Terkait pelaksaaan debat capres semalam, berlangsung cukup meriah. Namun menurutnya kurang begitu tajam substansinya. Apalagi pelaku pasar juga menyoroti masalah hukum hingga pemberantasan korupsi.

“Menurut saya belum tajam, tapi bisa menjadi gambaran awal tentang visi misi masing-masing paslon,” kata Wawan. 

Pendapatan iklan ke depannya akan ditopang oleh perhelatan kampanye. Seperti yang diketahui, masa kampanye untuk pemilu 2024 sudah dimulai. Biasanya, pada periode ini akan ada banyak tayangan iklan terkait kampanye para capres dan cawapres.  

Tidak hanya iklan terkait Pemilu, selama musim kampanye biasanya sebagian besar perusahaan fast moving consumer goods atau FMCG tertarik untuk meningkatkan aktivitas iklan mereka. Langkah ini dilakukan dalam upaya memanfaatkan momen subsidi atau bantuan langsung yang diberikan ke masyarakat.

Adapun sebagian besar merek FMCG telah beralih dari iklan format digital ke televisi karena iklan televisi dinilai menjadi media yang lebih efektif. 

Mempertimbangkan beberapa hal tadi, diperkirakan kinerja pendapatan iklan media akan membaik pada kuartal empat 2023 dan kuartal satu 2024. 

Saat ini ada beberapa saham media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesa (BEI), diantaranya merupakan perusahaan konglomerat seperti Grup MNC, Grup Emtek, dan Grup Bakrie.

PT Media Nusantara Citra Tbk atau MNCN adalah perusahaan milik Hary Tanoesoedibjo yang bergerak di bidang media terpadu. Meliputi empat saluran televisi nasional yaitu RCTI, GTV, MNC TV dan iNews, serta 18 saluran yang dibuat dan diproduksi oleh MNC yang disiarkan di TV berbayar. 

Saat ini, MNC juga memiliki bisnis berbasis media lain yang mendukung bisnis inti MNC. Bisnis-bisnis itu terdiri dari radio, media cetak, manajemen bakat, dan rumah produksi. MNC didirikan pada 17 Juni 1997. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada Desember 2001. 

Milik Grup Emtek yakni PT Surya Citra Media Tbk (SCMA),perusahaan yang menaungi dua stasiun televisi besar di Indonesia yaitu SCTV dan Indosiar. Ada juga PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang didirikan pada tanggal 3 Agustus 1983 dan telah beroperasi sejak tahun 1984. Berikut ini adalah beberapa daftar perusahaan yang dinaungi oleh emiten-emiten ini, yaitu SCTV, Indosiar, Kapanlagi, dan Liputan 6.

Sementara emiten media milik Grup Bakrie PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) merupakan pemilik dari stasiun TV ANTV dan TV One. 

Selain itu, ada juga PT Tempo Inti Media Tbk (TMPO) yang merupakan perusahaan media yang bergerak dalam produksi dan penerbitan surat kabar. Bisnisnya diklasifikasikan ke dalam dua segmen: penerbitan dan percetakan. Produk utamanya adalah Tempo, sebuah majalah berita mingguan. Perusahaan ini juga menerbitkan Koran Tempo, sebuah surat kabar harian, Tempo English, edisi Tempo berbahasa Inggris, dan Tempo.co, sebuah portal berita online.

Saham media selanjutnya ada PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) yaitu perusahaan media yang menaungi beberapa radio di Jakarta dan Jawa Barat.

Berikut jadwal debat capres cawapres Pemilu 2024:

1. Selasa, 12 Desember 2023

  • Tayang di TVRI dan RRI
  • Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.
  • Peserta: Capres

2. Jumat 22 Desember 2023

  • Tayang di TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV dan BTV
  • Tema: Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.
  • Peserta: Cawapres

3.  Minggu 7 Januari 2024

  • Tayang di MNC TV News, iNews, RCTI, GTV
  • Tema: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik
  • Peserta: Capres

4. Minggu 21 Januari 2024

  • Tayang di SCTV, Indosiar, MetroTV
  • Tema: Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan desa. 
  • Peserta: Cawapres

5. Minggu 4 Februari 2024

  • Tayang di: TVONE, ANTV, Net TV, Garuda TV
  • Tema: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, SDM, dan Inklusi. 
  • Peserta: Capres