BEI Suspensi Saham Mitra Energi Persada (KOPI) Usai Lonjakan Harga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nz
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk menghentikan sementara perdagangan saham PT Mitra Energi Persada Tbk. (KOPI) pada Kamis, (26/9).
26/9/2024, 17.36 WIB

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk menghentikan sementara perdagangan saham PT Mitra Energi Persada Tbk. (KOPI) pada Kamis, (26/9). Langkah ini diambil sebagai bentuk perlindungan bagi para investor menyusul lonjakan harga kumulatif yang signifikan pada saham perusahaan tersebut.

Penghentian perdagangan ini berlaku di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, dengan tujuan memberikan waktu yang cukup bagi para pelaku pasar untuk mempertimbangkan kembali informasi yang ada sebelum mengambil keputusan investasi.

"Dalam rangka cooling down, BEI berharap investor lebih berhati-hati dan memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan terkait kondisi terkini," kata Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Donni Kusuma Permana dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Kamis (26/9).

Dengan suspensi ini, diharapkan para pelaku pasar dapat memiliki ruang untuk menganalisis secara matang sebelum melanjutkan aktivitas perdagangan saham KOPI.

Mengutip data RTI Harga saham KOPI mengalami kenaikan signifikan selama tiga hari berturut-turut, mencatatkan lonjakan yang cukup tajam.

Pada perdagangan terakhir, saham KOPI melesat 15,24% ke level Rp484, setelah sebelumnya berada di Rp420. Tren kenaikan ini semakin memperkuat posisi saham perusahaan yang bergerak di bidang jasa minyak dan gas tersebut di pasar.

Reporter: Selfie Miftahul Jannah