IHSG Ditutup Melemah 0,61%, AMMN, TLKM, dan TPIA Jadi Pemberat Pergerakan Pasar

Katadata/Nur Hana Putri Nabila
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,61% ke level 7.696 pada penutupan perdagangan Jumat (27/9).
27/9/2024, 16.44 WIB

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,61% ke level 7.696 pada penutupan perdagangan Jumat (27/9). 

Pilarmas Sekuritas mengungkap beragam sentimen memberikan dampak pada perdagangan pasar keuangan jelang akhir pekan ini. Pasar tampaknya memiliki pandangan seiring dengan pernyataan Ketua The Fed dan dampak sentimen stimulus Cina, serta data ekonomi Jepang.

Pasar mencari arah pasca pernyataan Ketua The Fed yang sama sekali tidak menyinggung mengenai prospek lanjutan penurunan suku bunga acuan bank sentral. Sedangkan Gubernur The Fed, Lisa Cook, mengatakan pada Kamis malam waktu Amerika Serikat jika ia sepenuh hati mendukung penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps).

"Hal ini menjadi perhatian pasar selanjutnya, di mana pasar akan menanti seberapa agresif The Fed akan memangkas suku bunga acuannya," tulis Pilarmas Sekuritas dalam keterangan resminya, Jumat (27/9).

Pada perdagangan hari ini, data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan nilai transaksi saham tercatat mencapai Rp 14,54 triliun dengan volume 20,4 miliar saham dan frekuensi sebanyak 1.253.895 kali.

Sebanyak 246 saham menguat, 312 saham terkoreksi, dan 243 saham tidak bergerak. Sedangkan untuk kapitalisasi pasar IHSG pada hari ini menjadi Rp 12.911,97 triliun.

Bursa Asia mayoritas menguat seiring dengan melemahnya IHSG. Nikkei 225 menguat 2,32%, Shanghai Composite Indeks naik 2,89%, Hang Seng naik 3,55%, dan Straits Times turun 0,23%

Saham top gainers:
- PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR)
- PT Indika Energy Tbk (INDY)
- PT Summarecon Agung Tbk (SMRA)
- PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA)
- PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG)

Saham top losers: 
- PT Bank Mayapada International Tbk (MAYA)
- PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN)
- PT MD Entertaiment Tbk (FILM)
- PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)
- PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA)

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail