Pasar Respons Kabinet Gemuk Prabowo, Soroti Stabilitas Ekonomi

Antara
Prabowo Subianto di rumahnya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10)
15/10/2024, 12.13 WIB

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tampak konsisten berada di zona hijau. Sejak pembukaan perdagangan, hingga pukul 11.56 WIB IHSG terus menunjukkan pergerakan positif, tercatat mencapai level 7.600-an. Grafik pergerakannya menunjukkan tren yang menanjak, menggambarkan optimisme di kalangan investor.

Deputy President Director Samuel Sekuritas Suria Dharma, menjelaskan, perkembangan yang terjadi saat ini tampak positif, meskipun terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Termasuk saat Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memulai serangkaian audiensi dengan para calon menteri yang akan membantunya dalam kabinet pemerintahan 2024-2029. Pada Senin, 14 Oktober, sebanyak 49 tokoh penting dipanggil untuk bertemu langsung dengan Prabowo di Kediamannya, Kertanegara, Jakarta Selatan.

Menurutnya, dari banyak sosok yang dipanggil, banyak perubahan terjadi di saat-saat terakhir, termasuk munculnya sosok Sri Mulyani.

"Cukup positif meski terasa gemuk. Banyak perubahan di saat-saat akhir seperti misal Sri Mulyani yang [kemungkinn] kembali jadi Menteri Keuangan," jelas dia kepada Katadata.co.id, Selasa (15/10).

Ia menjelaskan, investor saat ini tengah mencermati fundamental makro ekonomi Indonesia yang relatif solid, yang didukung oleh stabilitas politik dan keamanan yang terjaga.

Hal senada juga dikatakan Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta. Ia menjelaskan, terdapat dinamika menarik ketika beberapa elit politik diundang. Mayoritas calon yang hadir merupakan profesional dengan latar belakang akademis yang kuat.

Selain itu, tampak kehadiran profesional dari berbagai sektor, termasuk partai politik, pegawai negeri sipil, serta anggota TNI dan Polri. Kehadiran sosok yang beragam ahli ini menjadi sinyal positif bagi investor, karena para pejabat dan sosok ini diharapkan dapat berkontribusi pada stabilitas pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Nafan juga menyoroti sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga hadir ke Kartanegara sebagai katalis positif untuk pasar saat ini.

"Kalau bu sri multani yang dipanggil itu memberikan sinyal kuat ya, untuk memberikan harapan kuat. Harapannya kalau investir itu soal ini [kredibilitinya] gak diragukan lagi ya, Bu Sri Mulyani ini tentu jadi katalis positif untuk market saat ini," jelas dia kepada Katadata.co.id, Selasa (15/10).

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto memulai proses audiensi dengan calon menteri untuk kabinet 2024-2029, telah memanggil sebanyak 49 tokoh untuk bertemu dan membahas kesiapan serta gambaran tugas yang akan diemban oleh mereka.

Dalam pertemuan yang diadakan di kediamannya di Jakarta Selatan, Prabowo memberikan kisi-kisi kebijakan dan meminta kabinet yang akan terbentuk untuk dapat bekerja sama dengan baik. Terdapat 18 orang dari kabinet sebelumnya yang dipertimbangkan untuk mengisi berbagai pos menteri dan wakil menteri.

Banyak calon menteri yang berasal dari berbagai latar belakang seperti politisi partai, akademisi, dan pengusaha, dimana mereka dipanggil untuk membahas isu-isu penting termasuk kependudukan, ekonomi, dan pembangunan.

Sejumlah calon seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir serta tokoh lainnya membahas potensi peran mereka di kabinet mendatang tanpa memberi banyak komentar terkait posisi spesifik yang akan mereka isi.

Reporter: Selfie Miftahul Jannah