Luncurkan Aplikasi Mobile, Bank Permata Targetkan 2 Juta Nasabah Baru

Katadata | Arief Kamaludin
Penulis: Ihya Ulum Aldin
1/8/2018, 18.18 WIB

Bank Permata meluncurkan layanan aplikasi mobile banking yang diberi nama Permata Mobile X. Melalui aplikasi ini, perbankan Grup Astra tersebut menargetkan dapat menjaring 2 juta nasabah baru, dalam waktu 2 tahun.

 “Sekarang jumlah rekening kami hampir 2 juta nasabah. Kalau bisa sampai 4 juta dalam waktu dua tahun. Kalau bisa lebih cepat,” kata Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah usai peluncuran aplikasi ini di Jakarta, Rabu (1/8).

Meski menargetkan jumlah nasabahnya naik dua kali lipat, peluncuran aplikasi ini sebenarnya salah satu upaya meningkatkan layanan Bank Permata. Berapa pun jumlah nasabah yang akan terjaring, yang terpenting kemudahan nasabah dalam bertransaksi.

(Baca: Bank Permata Rilis Pemindai Suara untuk Kenali Nasabah)

Ridha mengatakanBank Permata akan terus berinvestasi dalam pengembangan aplikasi ini secara berkelanjutan, dengan menempatkan teknologi yang tepat dan sesuai. Sayangnya, dia tidak mau mengungkapkan berapa besaran nilai investasi untuk pengembangan aplikasi Permata Mobile X.

Dia menjelaskan investasi yang dikeluarkan paling besar untuk aplikasi ini bukan di teknologinya, tapi lebih pada sumber daya manusianya (SDM). Menurutnya, dengan teknologi seperti apapun, jika SDM-nya buruk, maka teknologinya tidak akan berkembang.

Direktur Teknologi & Operasi Bank Permata Abdy D. Salimin mengatakan Permata Mobile X merupakan penyederhanaan dari kerumitan perbankan dan menghilangkan kebosanan bertransaksi. Makanya, Bank Permata mendesain ulang dan merombak total aplikasi mobile banking sebelumnya.

“Permata Mobile X menjadi lebih menarik, cepat dan mudah digunakan sebagai aplikasi yang menyenangkan dalam melakukan perbankan digital dan menjadikannya masa depan mobile banking,” katanya.

(Baca: Bank Permata Tetap Berfokus Bidik Kredit Perusahaan)

Pada salah satu fiturnya, Permata Mobile X dapat melakukan transfer menggunakan nomor telepon seluler (ponsel). Namun, nasabah masih harus mengganti nomor ponselnya pada aplikasi tersebut, apabila bepergian ke luar negeri.

“Permata Bank Account-nya jadi mandul (kalau di luar negeri),” kata salah satu nasabah Bank Permata yang juga merupakan CEO KapanLagi Youniverse (KLY) Steve Christian. Menurutnya hal ini menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan Bank Permata kedepannya.

Selain dapat melakukan transfer dengan menggunakan nomor ponsel, dengan aplikasi Permata Mobile X, memungkinkan nasabah dapat melihat saldo dengan cepat tanpa login terlebih dahulu. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk share receipt dengan cepat melalui WhatsApp, LINE, SMS dan email, sekaligus dapat melihat mutasi rekening di semua akun selama lebih dari 12 bulan.

Aplikasi ini juga memungkinkan nasabah membuka rekening giro, tabungan dan deposito berjangka, lalu membeli dan menjual reksadana dan obligasi.

(Baca: Bank Permata Targetkan Pertumbuhan Kredit 10% Tahun Ini)