Bank Permata Rilis Pemindai Suara untuk Kenali Nasabah

Desy Setyowati
8 Maret 2018, 17:50
Bank permata
Katadata | Arief Kamaludin

Bank Permata meluncurkan fitur pemindai suara ‘Voice ID’ untuk mengenali nasabah yang mengakses call center. Sebelumnya, Bank Permata juga telah merilis pemindai sidik jari ‘Finger ID’ dan fitur pengenalan wajah ‘Facial ID.

Dengan fitur baru ini, proses verifikasi identitas nasabah akan menjadi lebih singkat. "Ini adalah layanan pertama di Indonesia," tutur Head of Services Quality, OPEX & Contact Center Bank Permata Gunawidjaja saat konferensi pers di Restoran Blue Jasmine, Jakarta, Kamis (8/3).

Fitur baru ini mengadopsi teknologi pemindai suara voice biometrics yang sudah bisa dimanfaatkan nasabah sejak hari ini. Proses verifikasinya pun dilakukan secara seamless, sehingga tanpa disadari suara nasabah sudah direkam untuk diidentifikasi.

(Baca juga: Digitalisasi Layanan KPR, BTN Anggarkan Rp 300 miliar)

Nantinya, agen Call Center akan menjelaskan proses itu kepada nasabah dan akan meminta persetujuan untuk verifikasi. Bila nasabah setuju, maka verifikasi dilakukan. Jika tidak, suara yang direkam tidak akan disimpan.

Sebelumnya, untuk melakukan verifikasi nasabah, petugas call center akan menanyakan beberapa detail identitas, termasuk nama asli ibu kandung. "Ini akan mengurangi waktu verifikasi dari dua menit menjadi 45 detik saja," ujar Gunawidjaja.

Selain itu, ia mengklaim penggunaan Voice ID ini akan meningkatkan kesuksesan verifikasi dari saat ini 72% menjadi 95%. Hanya, mesin membutuhkan waktu untuk bisa mempelajari suara dari masing-masing nasabah. Perkiraannya, setidaknya dengan tiga hingga lima kali panggilan, mesin sudah bisa mengenali nasabah yang bersangkutan. Dengan begitu, pertanyaan-pertanyaan dasar tak perlu lagi ditanyakan kepada nasabah.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...