Tips Aman Bertransaksi untuk Nasabah Bank BRI di Masa Pandemi

Katadata
Penulis: Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19/5/2020, 12.14 WIB

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus meningkatkan kualitas layanan bertransaksi secara aman dan nyaman bagi nasabah yang telah menerapkan physical distancing dalam membantu menekan penyebaran Covid-19.

 

Kondisi pandemi seperti sekarang ini menjadi momen untuk nasabah Bank BRI dalam membiasakan diri bertransaksi secara non-tunai atau online. Oleh karena itu, BRI memberikan tips bagaimana bertransaksi yang aman dan nyaman dan mengantisipasi terjadinya kejahatan perbankan.

 

Direktur Digital dan Teknologi Informasi Bank BRI Indra Utoyo mengungkapkan nasabah BRI diimbau untuk selalu waspada terhadap segala modus penipuan yang mengatasnamakan Bank BRI.

 

“BRI terus berkomitmen untuk memberikan berbagai produk dan layanan yang bisa membantu transaksi nasabahnya secara cepat, aman dan nyaman,” tambah Indra.

BRI (Katadata)

 

Bagi pengguna internet banking atau m-banking, nasabah dianjurkan untuk menjaga kerahasiaan username dan password/PIN. Password internet banking atau PIN m-banking sebaiknya diganti secara berkala.

 

Selain itu, tidak lupa juga untuk selalu menjaga kerahasiaan M-Token BRI. Dalam melakukan komunikasi terhadap nasabah, BRI tidak pernah meminta PIN ataupun M-Token kepada nasabahnya.

 

BRI juga menyarankan untuk berhati – hati dalam menggunakan jaringan WIFI di area publik untuk keperluan akses bertransaksi melalui internet banking.

 

Untuk nasabah yang masih menggunakan mesin ATM selama pandemi ini, jangan lupa menggunakan masker di luar rumah, hindari menyentuh mulut dan hidung selama transaksi berlangsung serta selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelahnya.

 

BRI (Katadata)

 

Nasabah hendaknya mengganti PIN ATM secara berkala dengan angka yang unik dan tidak mudah ditebak serta tutupi dengan tangan saat memasukkan PIN ATM di mesin ATM/CRM. Selain itu, aktifkan SMS notifikasi untuk cek mutasi rekening, tidak memberikan One-Time Password (OTP) kepada siapapun termasuk oknum yang mengaku pihak dari BRI.   Nasabah diberikan layanan disable kartu apabila tidak digunakan melalui BRImo, mobile banking atau internet banking.

 

“Kami sudah sering infokan kepada nasabah untuk selalu jaga kerahasiaan data pribadi nasabah,” pungkas Indra.

 

Apabila terdapat pertanyaan dan konsultasi, nasabah dapat segera menghubungi  Kantor Bank BRI terdekat atau  Contact BRI 14017 atau 1500017.