Gerakan #Lawan Tipu2Online, Cara Bank OCBC NISP Edukasi Masyarakat

Katadata
Penulis: Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
Editor: Doddy Rosadi
4/9/2020, 19.24 WIB

Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2020, dengan cara yang berbeda Bank OCBC NISP meluncurkan gerakan #LawanTipu2Online sebagai komitmen untuk mendampingi dan mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan dan memaksimalkan channel-channel digital untuk transaksi keuangan secara aman dan nyaman.

Pada momentum Hari Pelanggan Nasional yang mengangkat tema “Inovasi Pelayanan Pelanggan di Era New Normal’ ini, Direktur Bank OCBC NISP Andrae Krishnawan yang mewakili manajemen dan keluarga besar Bank OCBC NISP  menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada nasabah yang setia mempercayakan kebutuhan transaksi maupun pengelolaan keuangannya kepada Bank OCBC NISP.

“Dengan semangat, dukungan dan kepercayaan dari nasabah, kami memacu diri untuk terus bergerak maju lebih jauh menghadirkan inovasi layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah yang berkembang dengan pengalaman yang WOW, melebihi ekspektasi nasabah yang terus berubah pada era next normal ini. Tidak hanya memberikan layanan yang trustWorthy, respOnsive dan Warm, kami juga berkomitmen untuk meningkatkan literasi digital nasabah dan masyarakat luas agar dapat lebih cerdas hati-hati dan waspada terhadap berbagai macam tindak kejahatan online,” ujar Andrae Krishnawan

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebutkan bahwa situasi pandemi membuat penggunaan internet meningkat hingga 40%, dan akses yang biasanya didominasi dari kawasan perkantoran kini didominasi dari kawasan pemukiman.

Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ruang gerak masyarakat masih terbatas dan penggunaan platform digital kini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, mulai dari berbelanja kebutuhan sehari-hari hingga transaksi perbankan.

Di Bank OCBC NISP, perubahan perilaku ini sudah mulai terlihat dari pemanfaatan channel-channel digital oleh nasabah, mulai dari pemanfaatan ONe Mobile oleh nasabah individu maupun Velocity@OCBCNISP untuk nasabah bisnis. Perubahan perilaku ini direspon positif oleh Bank OCBC NISP dengan terus menghadirkan inovasi kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan layanan digital dari Bank OCBC NISP.

Di tengah keterbatasan mobilitas masyarakat, penggunaan e-channel dari Bank OCBC NISP bertumbuh, mulai dari jumlah pengguna, frekuensi transaksi dan nilai transaksi. Secara keseluruhan nilai transaksi di e-channel Bank OCBC NISP meningkat 69% YoY hingga Juni 2020. Total pengguna internet banking dan ONe Mobile – mobile banking dari Bank OCBC NISP – masing-masing meningkat lebih dari 45% YoY. Nilai transaksi di ONe Mobile meningkat 2 kali lipat, sementara frekuensinya bertumbuh sebesar 69%.

“Oleh karena itu, mengambil momentum Hari Pelanggan Nasional ini, setelah sebelumnya mengajak masyarakat untuk #StaySafe dari COVID-19 dengan menjaga kesehatan fisik dan mental serta #StaySafe untuk kondisi finansial dengan kampanye #SAVE20, Bank OCBC NISP kembali mengajak masyarakat untuk lebih cerdas, berhati-hati dan waspada dalam melakukan transaksi online agar aman dari kejahatan online melalui Gerakan #LawanTipu2Online,” tambah Andrae.

Bank OCBC NISP berkomitmen penuh untuk memastikan keamanan sistem layanan yang digunakan oleh Bank sehingga dapat memberikan layanan perbankan yang prima kepada nasabah. Bank OCBC NISP selalu menjaga kerahasiaan identitas dan semua informasi keuangan nasabah serta tidak pernah meminta data/informasi rahasia nasabah yang mencakup PIN, One Time Password (OTP) yang dikirimkan oleh Bank melalui SMS/email, user ID, Password, Card Verification Value (CVV), yaitu 3-digit angka di belakang Kartu Kredit/ATM dengan alasan apapun.

Namun, komitmen ini perlu diimbangi dengan pemahaman dan kewaspadaan nasabah dalam melakukan transaksi dan menjaga informasi pribadi. Melalui Gerakan #LawanTipu2Online, Bank OCBC NISP menghadirkan serangkaian program dan materi edukasi untuk menghindarkan nasabah dari berbagai upaya cyber crime yang dapat terjadi.