PT Bank Oke Indonesia Tbk akan meluncurkan tiga produk baru pada 2022. Produk-produk tersebut diharapkan bisa memberikan sumbangan pendapatan non-bunga atau fee base income.
Direktur Operasional Bank Oke Joyo mengatakan, produk baru emiten berkode DNAR ini meliputi bancassurance dan sub-agen penjualan surat berharga negara ritel. Produk bancassurance merupakan program kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi.
Bancassurance ini akan digunakan sebagai skema referensi bagi produk bank yang rencananya diluncurkan Juni 2022. Manfaat bagi nasabah yaitu mendapatkan asuransi jiwa. "Produk bancassurance ini bisa meningkatkan dana pihak ketiga bank dan mendapatkan fee base income," kata Joyo dikutip dari keterbukaan informasi pada Kamis (11/11).
Menurut dia, saat nasabah membuka rekening dana murah (CASA) seperti tabungan, Bank Oke akan mereferensikan untuk bundling dengan asuransi jiwa. Pembayaran preminya dipotong dari bunga simpanan nasabah.
Risiko yang mungkin timbul yaitu terkait reputasi bila asuransi rekanan gagal bayar klaim. Untuk memitigasinya, Bank Oke hanya mereferensikan dan bekerja sama dengan perusahaan asuransi besar.
Kedua, Bank Oke meluncurkan produk untuk meningkatkan mitigasi kredit melalui kerja sama dengan perusahaan asuransi untuk jaminan. Keuntungan bagi bank adalah memitigasi kredit, sementara untuk nasabah mendapatkan jaminan asuransi jiwa.
"Syarat kredit yang diberikan dengan asuransi jaminan dan tambahan asuransi jiwa," kata Joyo menjelaskan terkait produk baru kedua Bank Oke.
Risiko yang timbul pada produk ini adalah risiko kredit jika klaim tidak dibayarkan. Untuk itu, Bank Oke hanya mereferensikan dan bekerja sama dengan perusahaan asuransi besar.
Produk terakhir yang akan diluncurkan Bank Oke adalah menjadi sub agen penjualan SBN ritel pada September 2022. Hal ini mendatangkan keuntungan berupa pendapatan non-bunga bagi bank. Sementara keuntungan nasabah ada kemudahan membeli SBN. "Memberikan pelayanan kepada nasabah dengan menjadi sub agen penjualan SBN ritel," ujar Joyo.
Produk ini sejalan dengan strategi perusahaan karena bisa meningkatkan dasar nasabah retail Bank Oke dan pelayanan untuk nasabah. Risiko yang timbul dari produk ini yaitu risiko operasional bila terjadi kesalahan sistem. Untuk itu, Bank Oke bekerja sama dengan perusahaan sekuritas rekanan yang sudah berpengalaman.