BNI Godok Kerja Sama Produk Paylater dengan Sea Group

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (kiri) bersama Direktur Technology and Operations Toto Prasetio (kanan) memberikan keterangan kepada media saat peluncuran mobile banking wondr by BNI di Menara BNI, Jakarta, Jumat (5/7/2024). PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan aplikasi mobile banking wondr by BNI yang menyediakan tiga fitur unggulan yaitu transaksi, insight, dan growth, untuk memudahkan nasabah dalam pengelolaan keuangan secara terencana.
5/7/2024, 19.59 WIB

Direktur Technology and Operations PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), Toto Prasetio, mengungkapkan jika BNI sedang merancang produk keuangan ‘Buy Now Pay Later’ atau BNPL. Bank pelat merah tersebut akan menggandeng Sea Group untuk memfasilitasi produk BNPL. 

Sebagaimana diketahui Sea Group merupakan pihak eksternal yang menyediakan Shopee Paylater. Toto menyebut BNI akan melakukan channeling pembiayaan melalui Shopee Paylater, sehingga akan ada pemilihan pembayaran menggunakan BNPL yang difasilitasi BNI. 

“Pendekatan kami yakni dengan channeling. Mereka bisa melakukan fasilitas BNPL Shopee Paylater seperti itu kerja sama dengan kami,” kat Toto di Menara BNI, Jumat (5/7/).

Channeling adalah perjanjian kerjasama pembiayaan yang dananya berasal dari perbankan dan disalurkan kepada lembaga pembiayaan yang lain untuk disalurkan kepada end user.

Ia mengatakan, pihaknya memilih melakukan channeling karena lebih efisien. Pasalnya, jumlah penyaluran pembiayaan lewat BNPL jumlahnya tidak terlalu besar.

"Kalau jumlahnya kecil, prosesnya akan sangat melelahkan kalau kita lakukan sendiri-sendiri. Alasan ini yang menurut kami lebih efisien kalau kami kerja sama,” kata Toto.

Selain itu, ia menyebut kerja sama itu juga mengintegrasikan credit scoring atau penilaian kredit dari nasabah BNI dan pengguna Shopee Paylater.

Sebagai informasi, Sea Limited atau Sea Group juga dikabarkan akan mengakuisisi sebanyak 10% sampai dengan 15% saham Hibank yang merupakan anak usaha bank digital BNI.

Toto tidak menjelaskan secara detail soal bank digitalnya jika BNI bekerja sama dengan Sea Bank . Tetapi dia menyebut BNI bakal membagi channeling pembiayaan lewat fitur paylater di BNI dan juga Hibank.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail