PT Jasamarga Related Business (JMRB) menjalin kerja sama layanan perbankan digital (digital banking) dengan Grup MNC. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan omzet perusahaan dari sisi pendapatan non-tol di tengah pandemi Covid-19.
JMRB merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola 29 area peristirahatan (rest area) jalan tol di seluruh Indonesia. Di dalam rest area terdapat lebih dari 400 tenant yang melakukan aktivitas bisnis.
JMRB bekerja sama dengan sejumlah entitas Grup MNC, yakni PT Bank MNC Internasional Tbk, PT MNC Kapital Indonesia Tbk, PT MNC Vision Networks Tbk, dan PT MNC Land Tbk. Masing-masing menandatangani MoU kerja sama bisnis yang meliputi layanan digital banking, pengembangan ekosistem transaksi non-tunai cashless, distribusi konten digital untuk para tenant rest area yang dikelola oleh JMRB, serta pengembangan properti.
Penjajakan kerja sama keduanya disepakati dalam penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan secara daring (online), Rabu (7/7) hari ini.
"Ini salah satu upaya strategis dari Grup Jasa Marga untuk meningkatkan revenue grup dari sisi pendapatan non-tol, dan menyeimbangkan pendapatan dari sektor jalan tol yang terdampak pandemi hingga saat ini," ujar Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Arsal Ismail dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7).
Arsal mengatakan kerja sama yang dilakukan tidak eksklusif hanya dengan Grup MNC. Ke depan, perusahaan akan membuka peluang kerja sama jika ada pihak lain yang ingin berpartisipasi, terutama dalam pengembangan bisnis properti, rest area dan konten digital.
Direktur Utama JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan perusahaan sedang gencar mengembangkan sejumlah lini bisnis. Beberapa di antaranya adalah, Toll Corridor Development (TCD), pengembangan, dan pengelolaan rest area, pemanfaatan koridor jalan tol untuk iklan dan utilitas, serta konten digital.
Menurut Cahyo, potensi jalan tol tidak sekadar sebagai infrastruktur mobilisasi bagi arus distribusi barang dan jasa. Maka itu, JMRB terus mengoptimalkan potensi jalan tol, terutama pengembangan kawasan atau koridor di sekitar jalan tol.
“Jasa Marga memiliki hak konsesi jalan tol sepanjang 1.603 Km di seluruh Indonesia, dan JMRB dipercaya mengoptimalkan potensi besar koridor jalan tol tersebut. Untuk itu, kami gencar bekerja sama dengan mitra strategis, salah satunya dengan Grup MNC,” kata Cahyo.
Executive Chairman Grup MNC Hary Tanoesoedibjo mengatakan, kerja sama tersebut akan memberi manfaat signifikan bagi kedua perusahaan, dan bagi masyarakat. Kolaborasi tersebut juga dianggap dapat mempercepat digitalisasi dan inklusi keuangan.
“Produk dan layanan Grup MNC akan terintegrasi secara end-to-end dalam ekosistem JMRB yang dapat melengkapi dan memperkuat bisnis Grup Jasa Marga dari hulu hingga hilir. Bisnis grup MNC dari sektor media, jasa keuangan, dan entertainment hospitality akan merambah ke berbagai proyek inovatif dari kerja sama strategis ini,” jelasnya.
Dijelaskan lebih rinci, Bank MNC Internasional, melalui MotionBanking akan menyediakan layanan perbankan dan pendanaan tenant rest area. Sedangkan MNC Kapital Indonesia melalui anak usahanya, PT MNC Teknologi Nusantara yang memiliki produk MotionPay, dapat mengembangkan dan menyediakan sistem transaksi dan pembayaran digital di rest area.
Sementara itu, MNC Vision Networks memungkinkan pengembangan konten digital, dan kolaborasi bersama PT MNC Land Tbk meliputi kerja sama pengembangan properti di kawasan koridor jalan tol.