PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA menyediakan uang tunai sebesar Rp 37,6 triliun sebagai langkah mengantisipasi kebutuhan tarikan nasabah di mesin ATM saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jumlah uang tunai tersebut naik 8% jika dibandingkan dengan tahun 2021.

“Kami mengapresiasi berbagai upaya pemerintah dalam mengendalikan kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya dalam mengakselerasi program vaksinasi, sehingga aktivitas masyarakat mulai menunjukkan pemulihan seiring peningkatan mobilitas. BCA sebagai bagian dari perbankan nasional berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan secara optimal kepada nasabah di Tanah Air selama periode libur Nataru, baik secara online maupun offline. Selain itu, BCA juga menghadirkan BCA Year End Salebration 2022 yang dapat dimanfaatkan untuk berburu diskon akhir tahun,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam keterangan resmi, Rabu (28/12). 

Selama periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), BCA akan mengantisipasi kebutuhan perbankan nasabah melalui berbagai kanal yang dimiliki. Adapun kantor cabang BCA akan beroperasi normal di hari kerja selama periode libur Nataru.

Mencermati kebutuhan nasabah yang dinamis dan beragam, BCA terus mendorong layanan berkonsep hybrid, baik secara online maupun offline. Nasabah tetap dapat melakukan transaksi #BankingFromAnywhere yang aman dan nyaman melalui layanan digital BCA, seperti BCA mobile, myBCA, dan KlikBCA. Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran tunai, dapat bertransaksi di kantor cabang pada hari kerja atau menggunakan ATM Setor-Tarik BCA yang siap 24 jam.

Jahja menambahkan, komitmen BCA dalam mengutamakan keamanan dan kenyamanan transaksi menjadi prioritas utama, termasuk saat momen libur Nataru. Sebagai contoh, apabila selama masa libur nasabah membutuhkan pembukaan rekening baru, maka sudah dapat dilakukan secara online melalui BCA mobile. Kemudian, untuk pembayaran tagihan yang umumnya datang di akhir bulan juga sudah dapat dilakukan dalam satu genggaman di BCA mobile dan myBCA. Nasabah juga dapat mengakses fitur Lifestyle pada BCA mobile untuk memesan dan membayar tiket pesawat, kereta api, bioskop, hingga atraksi dan rekreasi. 

Untuk nasabah BCA yang berlibur ke Thailand, kini liburan bisa menjadi lebih seru dengan adanya fasilitas QR Cross Border via BCA mobile. Saat berbelanja dan melakukan pembayaran di Thailand, nasabah BCA bisa menggunakan fitur QRIS di BCA mobile untuk membayar dengan scan kode QR dari merchant yang sudah bermitra dengan bank Thailand yang terintegrasi dengan jaringan QRIS. 

Selain layanan digital banking, layanan Halo BCA juga siap melayani kebutuhan nasabah selama 24 jam melalui telepon Halo BCA melalui telepon 1500888, twitter @HaloBCA, WhatsApp 0811 1500 998, webiste resmi BCA, atau email melalui halobca@bca.co.id, untuk dapat kami tindaklanjuti. Pastikan ada logo verified (centang warna hijau) saat membuka aplikasi WhatsApp Bank BCA.

Nasabah juga dapat menggunakan aplikasi Halo BCA, mobile apps yang dapat digunakan untuk menghubungi Halo BCA melalui semua channel resmi yang dimiliki Halo BCA. Aplikasi Halo BCA ini menyediakan channel alternatif bagi nasabah untuk menghubungi Halo BCA dengan fasilitas VoIP Call yaitu telepon dengan menggunakan kuota internet. Fasilitas VoIP Call juga dapat memudahkan nasabah dari luar negeri untuk bisa menghubungi Halo BCA.

Dalam kesempatan yang sama, BCA juga menghimbau nasabah untuk senantiasa berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan BCA.

“Jangan pernah bagikan data pribadi perbankan yang sifatnya rahasia seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP, dan lain lain. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun, termasuk link,” tegas Jahja.