PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mendongkrak penjualan kopi Space Roastery sebanyak satu juta gelas per bulannya. Ekosistem digital yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial (GTF) ini dinilai mampu membuat toko kopi asal Yogyakarta itu meningkatkan omzetnya.

Pemilik usaha Space Roastery William Christiansen mengatakan, solusi bisnis digital yang diberikan dari ekosistem GOTO mampu memberikan dampak positif bagi bisnisnya. Space Roastery menggunakan berbagai solusi bisnis lain dalam ekosistem GOTO, seperti GoBiz, MOKA, dan Midtrans untuk efisiensi operasional bisnis.

Di mana Space Roastery mampu meningkatkan penjualan hingga 143% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, Space Roastery juga mampu menyerap tenaga kerja dengan memberdayakan sekitar 60 karyawan.

“Kami berhasil menjual satu juta gelas kopi rata-rata setiap bulannya di 2022,” katanya dalam keterangan resmi GOTO, Jumat (27/1).

Sementara itu, dalam memberdayakan dan mendorong kemajuan UMKM, GOTO yang menjadi salah satu mitra pemerintah Indonesia berpartisipasi kembali pada Paviliun Indonesia dengan memboyong perwakilan mitra usaha Space Roastery.

Paviliun Indonesia merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang diselenggarakan di waktu yang bersamaan dengan perhelatan World Economic Forum (WEF) pada 16-20 Januari 2023 di Davos, Swiss.

Momentum ini sekaligus mendukung agenda pemerintah Indonesia di tingkat global dalam mendorong hilirisasi industri dan investasi yang berkelanjutan sebagai bagian untuk pemerataan investasi hingga ke daerah. Salah satunya dengan meningkatkan kolaborasi antara investor asing dengan perusahaan dalam negeri khususnya bagi UMKM Indonesia.

Rangkaian solusi bisnis digital yang dihadirkan merupakan wujud GOTO guna mengatasi tantangan dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi lebih dari 15,1 juta mitra usaha di ekosistem GOTO.

Untuk memaksimalkan dampak sosial yang diciptakan, GOTO juga menyediakan ragam edukasi dan pelatihan melalui situs Mitra Usaha GOTO. Serta komunitas inklusif seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia, Pusat Edukasi Seller Tokopedia, Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG) dan A Cup of MOKA.