Merugi, CSMI Tutup Gerai Texas Chicken di Indonesia

Instagram Texas Indonesia
Penulis: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
18/8/2023, 17.54 WIB

PT Cipta Selera Murni Tbk (CSMI) telah mengakhiri kerjasamanya dengan Cajun Global LLC atau Texas Chicken per 14 Maret 2023 lalu.

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 14 Maret 2023 perseroan memutuskan kerjasama dengan Cajun Global LLC dan proses penutupan sejak 28 Februari 2023. CSMI tidak lagi bisa menggunakan brand Texas Chicken. Pembatalan perjanjian waralaba ini, Cajun Global LLC memberikan keringanan kepada perseroan berupa penghapusan utang royalti dan initial fee.

Dalam keterangan resminya CSMI juga menjelaskan bahwa perseroan telah mengalami kesulitan keuangan sejak pandemi covid 19 tiga tahun lalu. Sehingga terdapat penurunan omset atau pendapatan hingga akhir 2021. Perseroan merupakan emiten pengelola jaringan restoran Texas Chicken.

“Bahkan pada tahun 2022 perseroan tidak dapat melaksanakan perencanaan seperti pembukaan restoran baru. Perseroan juga telah mencoba untuk menyajikan menu-menu baru yaitu menu internasional, namun demikian tidak dapat meningkatkan penjualan karena masih dalam kondisi pandemi,” ujar Direktur PT Cipta Selera Murni Tbk Radino Miharjo dalam keterbukaan informasi BEI dikutip Jumat (18/8).

Melihat kinerja keuangan saat ini perseroan masih membukukan pendapatan sebesar Rp 1,78 miliar dan menderita kerugian sebesar Rp 4,04 miliar per Juni 2023.

Selain itu, CSMI juga diminta untuk menurunkan logo Texas Chicken yang ada di setiap restoran. Cajun akan menghapus semua tagihan yang mencakup royalti, biaya pemasaran internasional dan tagihan lainnya yang mencapai US$ 361 juta.

"Saat ini semua restoran telah di tutup dan perseroan telah menyelesaikan semua penutupan restoran sesuai persetujuan dari pengelola mal," tulisnya.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid