BCA Tidak Akan Migrasikan Aplikasi BCA Mobile ke MyBCA

bca.co.id
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menyatakan aplikasi BCA Mobile dan MyBCA akan berjalan bersamaan dalam jangka waktu yang panjang.
19/3/2024, 16.07 WIB

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menepis rumor yang beredar di media sosial yang menyebut aplikasi BCA Mobile akan perlahan-lahan ditinggalkan dan beralih ke layanan aplikasi myBCA.

Sebuah akun twitter (X) @biasalahanakmuda menuliskan jika aplikasi BCA Mobile perlahan dibiarkan ditinggalkan sebab fitur-fitur lengkap ada di aplikasi myBCA. Bahkan, akun tersebut mengajak orang lain untuk bermigrasi ke aplikasi myBCA.

"BCA Mobile akan slowly 'dibiarkan ditinggalkan' karena tabungan, credit card (CC), deposito, reksa dana, obligasi, semuanya ada di myBCA," demikian cuitan akun tersebut di twitter, dikutip Selasa (19/3).

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan aplikasi BCA Mobile dan myBCA akan berjalan bersamaan dalam jangka waktu yang panjang. Perusahaan ingin memberikan solusi komprehensif layanan perbankan bagi nasabah dan masyarakat di berbagai segmen pengguna.

"Banyak nasabah nyaman menggunakan BCA Mobile dengan segala fitur yang memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan," kata Hera dalam keterangannya kepada Katadata.co.id, Selasa (19/3).

Ia menjelaskan layanan atau fitur di aplikasi myBCA dan BCA Mobile berbeda. Misalnya, fitur yang dihadirkan BCA Mobile sangat sederhana karena hanya dapat digunakan untuk bertransaksi, seperti transfer maupun tarik dana melalui sistem cardless. Lalu setiap kali nasabah ingin menggunakan BCA Mobile, maka harus memasukkan kode kunci.

Sementara dalam aplikasi myBCA, nasabah hanya memerlukan single user ID atau BCA ID untuk dapat mengakses seluruh informasi rekening yang dimilikinya di BCA. Mulai dari tabungan, deposito, investasi, kartu kredit, kredit konsumer, hingga reward BCA.

Bahkan, perusahaan juga terus mengembangkan layanan di myBCA. Dalam catatan perusahaan, BCA telah menambahkan sejumlah fitur untuk meningkatkan kenyamanan bertransaksi nasabah sepanjang 2023. Inovasi tersebut mencakup kontrol kartu debit dan kredit, login biometrik, kemudahan berinvestasi melalui fitur Welma, hingga Paylater BCA.

Yang terbaru, aplikasi myBCA telah dilengkapi oleh fitur transfer valas ke bank lain. Aplikasi ini juga dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan, listrik, pembelian paket e-SIM, catatan finansial dan notifikasi transaksi, pengaturan sumber dana QRIS, hingga fitur QRIS Customer Presented Mode.

Sebagai informasi, pada tahun 2023, total volume transaksi yang diproses BCA naik 25,1% secara tahunan atau year on year (yoy) mencapai 30,1 miliar transaksi. Kanal mobile banking mencatat kenaikan volume transaksi tertinggi, naik 41,6% yoy. 

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail