KB Bank menyalurkan fasilitas pembiayaan senilai lebih dari Rp700 miliar kepada PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk atau Mayapada Healthcare. Kredit ini akan mendukung pembangunan unit Mayapada Hospital.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong mengatakan, unit Mayapada Hospital tersebut akan berlokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) serta di Cakung, Jakarta Timur. Pembiayaan dari KB Bank juga akan digunakan membeli peralatan medis serta untuk refinancing pinjaman.

Robby juga menjelaskan, pihaknya mengidentifikasi sektor kesehatan sebagai salah satu fokus utama untuk pertumbuhan kredit KB Bank pada 2024. Ini sejalan dengan komitmen perusahaan mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kami memandang Mayapada Healthcare memiliki potensi pertumbuhan yang sangat baik dan keberadaannya memiliki peran fundamental dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (20/6).

KB Bank Salurkan Pembiayaan kepada Mayapada Healthcare (KB Bank)

 

Mayapada Healthcare merupakan salah satu jaringan rumah sakit swasta terbaik di Indonesia. Perusahaan di bidang kesehatan ini mencatat pencapaian signifikan selama dua tahun terakhir.

Pada 2023, Mayapada Healthcare melakukan grand opening unit Mayapada Hospital ke-6 di Bandung Jawa Barat dan groundbreaking unit Mayapada Hospital ke-7 di Ibu Kota Nusantara  (IKN), keduanya dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Tahun ini, Mayapada Healthcare mengumumkan sejumlah inisiatif penting dalam memperluas akses layanan kesehatan, yaitu rencana pembangunan unit Mayapada Hospital yang ke-8 di Cakung, Jakarta Timur sertarencana pembangunan rumah sakit berstandar internasional bersama Apollo Hospitals India di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kesehatan Internasional Batam. 

Perusahaan juga akan mendukung Mayapada Group dalam mengelola dan mentransformasikan operasional RSBP Batam, yakni rumah sakit milik pemerintah di lokasi KEK yang telah disetujui.

Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare Jonathan Tahir menyatakan, pihaknya berkomitmen mewujudkan layanan kesehatan berstandar internasional untuk masyarakat Indonesia.

“Kami yakin KB Bank dapat mendukung upaya-upaya Mayapada Healthcare dalam mempercepat perluasan akses layanan kesehatan melalui pembangunan unit Mayapada Hospital yang baru,” ujarnya.

Dukungan KB Bank kepada Mayapada Healthcare sejalan dengan program pemerintah mewujudkan Indonesia Sehat. Ini merupakan salah satu target di dalam transformasi sosial menuju Indonesia Emas 2045. Melalui program ini, pemerintah fokus kepada pembangunan sistem kesehatan yang kuat dan responsif untuk memastikan masyarakat hidup sehat. 

Komitmen berkelanjutan pemerintah dalam memperkuat sektor kesehatan nasional juga terlihat dari anggaran kesehatan dalam APBN 2024 sebesar Rp186,4 triliun, atau naik 8,1 persen dari tahun sebelumnya.