Melalui program literasi keuangan, KB Bank berusaha meningkatkan pemahaman para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tentang pengelolaan keuangan. Hal ini dilakukan bekerja sama dengan Sekolah Tinggi PPM School of Management.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong menyatakan, pihaknya percaya UMKM memiliki peran penting dalam peningkatan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu memiliki literasi keuangan yang lebih baik sehingga mampu mengambil keputusan keuangan yang tepat.

“Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan program-program edukasi keuangan agar lebih banyak lagi masyarakat indonesia yang dapat merasakan manfaatnya,” katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (24/9).

Acara bertema “Community Development, Meningkatkan Literasi Keuangan dan Pemberdayaan UMKM” ini digelar pada 7 September 2024 di Perpustakaan Multikultural, Desa Muktiwari, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini bekerja sama dengan Sekolah Tinggi PPM School of Management, MME 76, SMART SME, dan Yayasan Gugah Nurani Indonesia.

Dosen PPM School of Managment sekaligus Mentor MME 76 Achmad Fahrozi mengatakan, literasi keuangan adalah pondasi utama bagi UMKM untuk naik kelas dan berkontribusi kepada ketahanan serta pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Berbekal pemahaman mendalam tentang pengelolaan keuangan, UMKM dapat meningkatkan kapasitas bisnisnya. Mereka juga akan mampu membuat keputusan yang lebih cerdas, mengoptimalkan arus kas, memperluas akses ke pendanaan, dan menciptakan stabilitas yang berkelanjutan.

Demi mencapai potensi tersebut, diperlukan kolaborasi berbagai pihak, seperti entitas bisnis, akademisi, dan masyarakat. Contohnya seperti yang dilakukan KB Bank, PPM School of Management, dan Yayasan Gugah Nurani Indonesia dalam meningkatkan literasi keuangan bagi pelaku UMKM di Kecamatan Cibitung. 

“Sinergi ini menjadi langkah nyata untuk mendorong UMKM naik kelas dan memperkuat ekonomi nasional,” ujar Achmad.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya KB Bank untuk mendukung program Literasi Keuangan yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ke depan, KB Bank berkomitmen untuk bisa memberikan kontribusi positif lebih banyak lagi dalam menciptakan komunitas UMKM yang lebih melek finansial.